Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 03:04:07 pm on May 23, 2012 | 1
    Tags: , , , , ,


    Halo bro….diliat-liat dari statistik blog, yang gak pake uji hipotesis khas anak kuliahan, ane menemukan kalau ternyata cukup banyak yang tertarik pada artikel cafe racer. Hoho…baiklah…mumpung ane juga suka dengan aliran cafe racer dan ada beberapa yang seliweran di otak, yuk kita obrolin cafe racer. Ane kadang baca di tabloid otomotif ataupun motor plus tentang neo cafe racer atau modern cafe racer. Usut punya usut, setelah ane ngublek-ngublek kamarnya tetangga sebelah, eh salah…kamarnya mba google, ane susah buanget menemukan apa sebenarnya aliran itu. So, ane jadi berpikir….apa mungkin aliran itu muncul…hohoho….

    Gini bro, cafe racer merupakan salah satu aliran yang sudah berumur. Seperti halnya chopper ataupun bobber, aliran cafe racer sudah diterapkan oleh para modifikator jaman kakek buyut kita dulu….kalo kakek buyut kita idup di eropa atau amerika:mrgreen: Ane pernah bahas sedikit tentang aliran cafe racer di sini. Seperti yang disebutkan oleh banyak referensi, aliran itu muncul di dataran Inggri…artinya simbah buyut aliran ini ya pake motor bermesin Inggris.

    Tetapi, dalam perkembangannya aliran ini menyebar ke berbagai negara. Termasuk juga menginspirasi modifikator Jepang yang pada akhirnya melahirkan aliran ‘Japs Style’. Artinya lagi, tidak ada lagi pakem bahwa cafe racer haruslah bermesin motor Inggris, tetapi lebih ke gaya motor yang didesain untuk kencang, simple, setang yang menunduk dan biasanya dilengkapi dengan buntut seperti tawon. Ya…namanya juga buat balapan dari cafe ke cafe.

    Modern cafe racer?

    Tetapi, sesuai perkembangan jaman, banyak pula modifikator yang sangat terinspirasi dengan aliran cafe racer ini. Yaahh…namanya inspirasi pasti mempengaruhi gaya donk…dan bisa dicampuradukkan dengan gaya modifikasi lain. Disitulah menurut ane muncul istilah modern cafe racer atau neo cafe racer. Pluss….modern cafe racer ini tidak lagi menggunakan mesin jadul atau parts motor jadul, tetapi lebih memilih menggunakan mesin atau parts yang modern.

    Tapi, buat ane pribadi, sebutan modern cafe racer atau neo cafe racer kok kadang kurang pas ya. Sebuah motor yang memang terinspirasi oleh cafe racer tetapi secara keseluruhan jauh dari tongkrongan cafe racer sepertinya tidak lagi bisa disebut aliran cafe racer. Selain itu, ketika kita mendengar nama cafe racer, sesuatu yang terlintas di benak kita adalah motor yang old school. Mungkin motor baru memang bisa terlihat dan didesain seperti cafe racer, tetapi kok jiwa nya seperti hilang ya…Mungkin aliran-aliran yang terinspirasi care racer itu lebih pas kalau dijuluki Cafe Racer Inspired kali ya….

    Seperti desain BMW Motorrad 6 di atas, beberapa orang menyebutkan kalau itu adalah desain modern cafer racer. Yaaahhh…emang ada DNA nya siiih…seperti setang yang menunduk khas motor kencang dan buntut yang mirip buntut tawon. Tetapi kok jauh ya dari kesan cafe racer….so, apakah memang ada aliran modern cafe racer….?

    Kalau ini karya modifikator tanah air yang ane dapet dari otomotifnet. Modifikatornya,  Studio Motor Custom Bike, mengandalkan kaki-kaki GSXR, bodi yang menyiku, half fairing dan mesin Ninja 250 sepertinya (CMIIW). Kalau modifikasi ini masih sangat kental dengan gaya cafe racer dengan sentuhan modern.

    Monggo bro dikomentari….ane juga masih belajar kok tentang aliran yang menarik ini…

     

Comments


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: