Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 09:08:51 am on May 23, 2012 | 10


    Halo bro, semalem dapet berita di twitter kalau udah ada bocoran motor Suzuki yang kemungkinan adalah motor yang dipersiapkan untuk balap MotoGP. Walaupun katanya spy shot…tapi buat ane sih itu bukan spy shot. Lha wong spy shot kok resolusinya gede…dan sudut-sudutnya pun beberapa sangat sempurna. Kalaupun spy shot, itu artinya fotografer bawa kamera dan lensa yang segede gambreng dan direstui oleh Suzuki. Selain itu, terlihat ada orang yang sedang motret tu motor dalam jarak dekat…hohoho….jadi buat ane, ada dua kemungkinan apa sebenarnya foto-foto itu. Satu adalah dokumentasi resmi Suzuki, atau memang spy shot fotografer…tapi Suzuki gak ambil pusing dengan hal itu. Ah, lupain dulu sebentar tentang spy shot…ada yang lebih menarik yang bisa dianalisis dari foto itu…..!

    Body Belakang:Mirip, Air Intake:Beda, Fairing:Beda, Sepatbor:Mirip:mrgreen:

    Sebelumnya, beredar kabar kalau motor yang sedang di test bisa jadi merupakan GSXR generasi baru. Tetapi, dari analisis foto, sebenarnya kabar itu bisa dengan mudah dipatahkan. Lihat aja rem dan kaliper brembo yang digunakan sangat berbeda dengan spek rem motor jalanan, sok depan berdiameter gambot, balutan bodi karbon yang cantik dan posisi rider yang jauh lebih eksterem dibandingkan rider yang nunggangin motor superbike. Bahkan bro…dilihat dari bodi aja masih terlihat garis bodi GSVR 2011 di motor yang sedang di test itu. Selain itu, lengan ayun pada motor itu jauh dari lengan ayun motor superbike. Hohoho…..

    Sedangkan mesin yang digunakan, besar kemungkinan mesin nya adalah inline four, seperti halnya mesin YZR M1. Tetapi, dari informan jepang yang bocor, konon kabarnya bukan inline four biasa, ada yang beda dan suara motor lebih terdengar seperti YZR M1. Memang sih bro, dari konvigurasi knalpot biasanya inline four menggunakan konfigurasi 4 -2-1. Tetapi, dari foto yang beredar terlihat kalau Suzuki memiliki dua moncong knalpot. So, apakah konfigurasi knalpotnya adalah 4-2? Apakah memang inline four mereka adalah jenis baru….?

    Terlihat kan kalau tanki nya beda….

    Konfigurasi mesin ini memang masih menjadi gosip panas. Karena baru-baru ini technical director Shinichi Sahara  Suzuki pernah ngomong kalau mereka amsih percaya pada konfigurasi mesin yang selama ini dipakai, yaitu V4. Tetapi di lain kesempatan ada pula gosip kalau Nobuatsu Aoki udah ngetest motor dengan konfigurasi mesin inline four. Ahhh…mana yang benar? Gak usah terlalu dipikirin bro….punya banyak jenis mesin itu normal buat pabrikan yang sedang mengembangkan motor. Kalau ane terawang-terawang dari foto yang ada….sepertinya memang ada dua motor di sirkuit itu. Coba deh lihat…motor yang ada di pit box memiliki bentuk tanki yang berbeda dengan motor yang ada di luar pitbox. Apakah itu memang pertanda Suzuki sedang menguji coba banyak mesin….?

    Bisa kompetitif asal

    Nhaaa…ini nih…buat ane, ada dua hal yang cukup penting agar Suzuki bisa kompetitif. Pertama adalah Suzuki harus siap dengan segala perubahan regulasi yang sedang sering terjadi di MotoGP. Mulai dari pembatasan mesin, rev limiter alias putaran mesin sampai dengan kemungkinan single bike rule. Kemungkinan besar 2014 regulasi baru berhenti berubah secara radikal. Artinya, kalau Suzuki turun di tahun 2013, mereka masih harus berhadapan dengan perubahan regulasi yang dapat menghambat perkembangan dan riset motor.

    Kemudian, ada satu lagi faktor yang penting…apalagi kalau bukan pembalap. Pemilihan rider bukanlah hal yang sepele, terutama bagi pabrikan yang motornya masih dalam tahap pengembangan tiap race nya. Suzuki harus bisa mencari rider yang bisa memberikan banyak masukan teknis dan berguna bagi pengembangan motor. Kira-kira siapa ya…hehehe…..Rossi? Ah…ini sih namanya buang LPG 12 kilo:mrgreen: Bautista? Mengingat dia cukup cocok dengan Suzuki tahun 2011? Hopkins….? Ahhh…kayanya dia terlalu banyak cedera😦 Atau jebolan Moto2 yang berbajak seperti Redding? Atau malah Crutchlow…..? Wkakakaka……

    Monggo dikomentari….

     

Comments


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: