Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 11:45:19 am on May 11, 2012 | 9
    Tags: , , , , , , ,


    Halo bro…udah hari jumat aja nih..tapi sayangnya akhir pekan ini gak ada balapan MotoGP😦 tapi gapapa…ngobrolin MotoGP tetep jalan terussss… Sekarang ngobromotor mo nganalisis dikit tentang itung-itungan mesin baru Ducati yang pernah ane janjikan di artikel sebelumnya. Seperti yang masbro semua tahu, Ducati pengen ngubah karakteristik mesin GP12 agar lebih lebut power delivery nya.

    Untuk melakukan hal itu, butuh pengetestan yang dilakukan berulang kali baik oleh tim Ducati ataupun oleh Rossi Hayden. Tapi sayangnya, test Estoril membuat jadwal penggunaan mesin baru itu mundur. Jadi gini bro, Ducati sudah menyiapkan mesin baru dan sedikit juga modifikasi di sasis untuk melembutkan power delivery dan menghilangkan understeer yang masih sering terjadi di GP12. Test di Estoril kemaren sebenernya diperlukan untuk mengonfirmasi apakah mesin racikan Ducati dan ubahan sasis tersebut sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pembalap. Kalau memang sesuai, gak berseberangan dengan kemauan dan maksud Rossi Hayden, mesin baru tersebut segera diproduksi untuk digunakan di GP12. Cumaaa….masbro semua tahu kan, ada pembatasan jumlah mesin sebanyak enam mesin per tahun….

    Jadi, walaupun kemaren test Estoril dilakukan dan Rossi Hayden puas dengan mesin baru tersebut, mereka gak bisa buru-buru menggunakan mesin baru tersebut bro. Mereka berdua baru bisa menggunakan paling cepat pada seri Silverstone atau seri ke 6. Itung-itungan kasarnya gini bro… Seri balapan ada 18, mesin yang digunakan ada 6, jadi secara kasar satu mesin punya jatah tiga kali balap. Kalau sebelumnya Ducati berencana menggunakan mesin baru tersebut pada seri Silverstone atau seri ke 6, artinya mesin baru itu dipakai sebagai mesin ketiga. Tetapi, setelah test Estoril batal, mesin baru direncanakan dipakai di Laguna Seca alias seri ke 10. Yang artinya kemungkinan dipakai sebagai mesin keempat!

    Kenapa sih seruwet itu? Terawangan ane sih, sepertinya mesin baru yang disiapkan itu emang bukan hanya memiliki modifikasi minor bro. Tetapi memiliki desain yang cukup berbeda secara fundamental. Yaahhh…entah itu sudut yang berubah atau apa gak ada yang tahu selain Ducati! Tapi, dari serpihan info yang ada, mesin baru ini memang bisa jadi berbeda dengan mesin sebelumnya.

    Coba deh masbro ingat-ingat….GP12 versi awal menggunakan apa? Yuppss…menggunakan sasis monokok, bukan sasis twin spar alumunium. Sasis monokok tersebut membutuhkan peran mesin sebagai penopang motor juga. Artinya, mesin lebih ‘bulky’ alisa besar dan kuat dibandingkan mesin yang semata-mata hanya nemplok di sasis. Sasis alumunium yang lebih berat dan menopang motor secara keseluruhan tentu aja sangat berbeda karakteristiknya dengan sasis karbon monokok yang lebih ringan. Jadi, logikanya dibutuhkan mesin baru yang sesuai dengan sasis itu, bukan hanya mesin yang diputar mundur ke belakang agar geometri motor lebih baik.

    Tetapi, mendesain mesin dan memproduksi mesin bukan urusan yang mudah bro! Butuh waktu dan butuh riset agar mesin gak amburadul! Dengan petunjuk-petunjuk ini, memang ada kemungkinan mesin baru yang sedang disiapkan Ducati itu adalah mesin yang berbeda dengan yang selama ini dipakai….yahh…kita lihat aja…..

     

Comments


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: