Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 09:30:51 am on March 27, 2012 | 13
    Tags: , , , , , ,


    Saat GP12 diluncurkan beberapa saat yang lalu, kita semua hampir gak bisa ngelihat perbedaan GP12 Hayden dan Rossi. Paling cuma beberapa warna dan nomor yang berbeda. Tetapi seperti yang masbro semua tahu, motor MotoGP pasti disesuaikan dengan postur dan gaya balap pembalap. Settingan sekecil apapun pasti dilakukan agar motor tersebut mantap ditunggangi ridernya. Nhaaa….setelah tiga hari test Jerez, kita bisa lihat kalau GP12 Rossi dan Hayden sebenernya memeiliki perbedaan tipis. Mungkin buat beberapa orang perbedaan ini dianggap biasa aja. Tapi kalau kita pikirin lagi perbedaan ini bisa aja berarti besar loh brooo…langsung aja cekidot!

    image

    GP12 Hayden: wheelbase lebih panjang, roda belakang di set ampe hampir settingan mentok, cakram yang sedikit lubangย 

    image

    GP12 Rossi: Wheelbase yang lebih pendek dibandingkan Hayden, settingan sumbu roda lebih maju kedepan, cakram yang jauh lebih banyak lubangnya

    Hmmm….so, yang pasti ada perbedaan riding style antara Hayden dan Rossi yang menuntut settingan wheelbase yang berbeda. So, apakah Rossi dengan wheelbase lebih pendek menginginkan motor yang lebih lincah? Yang jelas di Jerez kemaren Rossi mengeluhkan understeer, sedangkan Hayden engga begitu menderita karena understeer. Hayden malah lebih mengeluhkan motor yang terlalu banyak sliding selepas tikungan…

    Sedangkan cakram? Hmmm…apakah ada salah satu diantara mereka yang membutuhkan pengereman belakang lebih banyak? Hehehe…mungkin akan lebih menyenangkan kalau kita bisa menemukan perbedaan GP12 Hayden vs Rossi pada sektor ban depan ๐Ÿ‘ฟย So, masbro, silakan berbagi pendapat tentang perbedaan ini ๐Ÿ˜‰ย 

     

Comments

  • REC*303 9:32 am on March 27, 2012 | # | Reply

    Beda cakram ? Apa ada pengaruhnya dengan riding style ?

  • dajira katoh 11:57 am on March 27, 2012 | # | Reply

    ahhh tetep aja gk bisa bersaing ama hnoda dan yamaha…gk ngaruh

  • asmarantaka 12:39 pm on March 27, 2012 | # | Reply

    cuman sesendok doang? ๐Ÿ˜€

  • aru_kun 4:39 pm on March 27, 2012 | # | Reply

    Kalo dibandingkan dengan drift motor, sepertinya analog dengan kasus Hayden yang spin. Roda belakang lebih mundur, distribusi bobot jadi lebih banyak di roda depan. Traksi roda belakang berkurang, jadi lebih gampang spin.

    Kalo Rossi understeer di keluar tikungan, rasanya mundurin saja roda belakang supaya bisa lebih spin = oversteer. Kalo understeer di masuk tikungan, no idea yet ๐Ÿ™‚

    cmiiw ah..

    Titip ๐Ÿ™‚ http://duarodaku.blogspot.com/2012/03/sirkuit-kenjeran.html

    • aru_kun 4:40 pm on March 27, 2012 | # | Reply

      btw, sumber gambarnya disebutkan juga dong ๐Ÿ™‚

  • gogo 9:12 pm on March 27, 2012 | # | Reply

    bener2 menyesuaikan style..

  • ronald46 9:31 am on March 28, 2012 | # | Reply

    apa suspensi depan minta diupgrade ya??

  • mang 10:38 am on March 28, 2012 | # | Reply

    masalah cakram yang berbeda itu balik lagi ke basic pembalap waktu masih kecil, klo dari kecil sudah terbiasa motor sirkuit biasanya cakram belakang kecil (salah satunya pedrosa). klo terbiasa motor trail cakram belakangnya besar (ausie rider)

  • vixidenkatiden 2:21 pm on March 28, 2012 | # | Reply

    Waah…kalo itu itu mah setau ane tergantung karakter dari masing-masing pembalapnya om…

  • rahmatt 7:12 pm on March 30, 2012 | # | Reply

    dengan lubang yang lebih banyak, apakah lebih cepat melepas panas. mungkin rossi suka hard breaking (biar gampang sliding) sehingga cakram belakang gampang overheat, makanya dikasih lubang (ventilasi) yang banyak

    apakah begitu masbro?

  • Yogi pradana 1:36 pm on April 8, 2012 | # | Reply

    Ya jelas wheelbest punya rossi pendek kan untuk dukungan laju di tikungan…


Leave a reply to mang Cancel reply