Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 08:20:26 am on March 17, 2012 | 7


    Halo bro…masih ngobrolin perkembangan dunia racing suit nih. Masih banyak teknologi dan perlindungan bagi pembalap yang belum kita obrolin. Apa aja sih…langsung aja bro… Kalau masbro bukan penikmat balap yang baru ngikutin balapan di era 4 tak, alias sempat nonton atau nikmatin gaya balap GP500 alias dengan kata lain cukup tuwir:mrgreen:, masbro tentu tahu kalau gaya balap GP500 lebih brutal… Begitu juga dengan gaya balap Kenny Roberts Sr.

    Selain teknik rear wheel steering yang dikuasinya, Kenny Roberts Sr. ini dikenal juga dengan gaya balapnya yang menempelkan lututnya ke aspal. Gaya balapnya yang dipandang cukup ekstrem pada saat itu memunculkan inovasi pelindung lutut alias knee slider. Pelindung lutut ini digunakan sebagai pelindung standar di dunia balap. Masbro bisa bayangin kalau inovasi ini gak pernah tercipta….

    Wearpack memang seperti kulit kedua bagi pembalap. Baju itu haruslah cukup kuat untuk menahan benturan dan gesekan yang diterima oleh tubuh, tetapi harus cukup lentur pula agar pembalap bisa fleksibel menggerakkan badannya. Karena itulah wearpack harus dapat melindungi dan sekaligus dapat memberikan kenyamanan bagi pembalap. Dainese pada akhir tahun 90an mengembangkan sebuah teknologi bernama Procom. Teknologi ini dapat mengukur kenyamanan dan temperatur serta kelembaban yang ada di dalam wearpack. Pada tahun 2001, Max Biaggi, Valentino Rossi dan Troy Bayliss adalah pengguna pertama dari teknologi Procom tersebut. Melalui Procom, data-data yang terkait dengan kondisi tubuh pembalap bisa sampaikan tiap lima detik dan bisa ditransfer ke komputer untuk dianalisis lebih lanjut.

     

    Pindah ke perlengkapan balap yang lain, sarung tangan balap dan sepatu. Kalau masbro amatin dari dekat, sarung tangan para pembalap profesional dilengkapi dengan pelindung berbahan serat karbon. Hmmmm…coba tebak, siapa pengguna pertama sarung tangan itu? Yupsss….Max Biaggi. Lalu, coba amatin lagi sepatu balap pembalap profesional. Ada pelindung berbahan metal di sepatu balapnya. Dainese memperkenalkan pelindung metal pada tahun 1993. Saat ini, Rossi adalah salah satu pembalap yang racing suitnya dilengkapi dengan berbagai pelindung metal, lebih tepatnya berbahan titanium. Pelindung-pelindung tersebut ditempatkan pada sepatu balap, lengan atas dan sarung tangan balapnya.

    Masih ada beberapa inovasi di dunia racing suit yang belum dibahas…kita lanjutin di artikel 3 aja yaaa…..:mrgreen:

     

Comments

  • SuarezA 3:08 pm on March 17, 2012 | # | Reply

    hai hai om samidi.. aq penasaran sama slang yg dimasukin ke helm, apa itu botol minuman?😀

  • ronald46 6:02 pm on March 17, 2012 | # | Reply

    Kupas sekalian soal teknologi airbag dong bro?

  • xsal 7:21 pm on March 19, 2012 | # | Reply

    pelindung metal memungkinkan rider yg terjatuh meluncur mulus di atas aspal sampai kearea gravel (tempat yg cukup aman) sehingga rider tergeletak ditengah track dapat dihindari… karena bersifat licin jika bergesekan dengan aspal pada kecepatan tinggi….

  • gogo 11:35 pm on March 19, 2012 | # | Reply

    werpek kedepan akan semakin canggih neh..

  • Jack Miko 12:06 pm on March 20, 2012 | # | Reply

    beda bgt y kayaknya ama wearpack d indonesia,kpn y ane bisa bawa2in wearpacknya pembalap dunia, ^ngarep.mimpi^
    monggo mampir
    http://my.opera.com/rentalmotorjogja/blog/

  • yoyobmd 10:39 pm on April 6, 2012 | # | Reply

    mantaaaffff, gan,..sekalian ijin ambil gambarnya gan,..


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: