Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 02:27:37 pm on March 8, 2012 | 15
    Tags: , , , ,


    Halo bro, ah gak asik ah…masa gak mau ada yang nebak tebak-tebakan ane kemaren…. :p Hehehe….daripada bikin tebakan lagi, ane lagi pengen nilis tentang blogger otomotif. Kalau masbro ingat-ingat, beberapa waktu lalu dunia blogger otomotif sempat gonjang-ganjing…ada yang rame lah intinya. Ane gak mau ikut-ikutan ngungkit apa yang rame karena ane juga ga tau apa yang sebenarnya terjadi. Selain itu, bukan rahasia lagi kalau sesama blogger kadang sindir menyindir…walaupun gak langsung tunjuk hidung, kita yang biasa baca blog otomotif tahu laaah siapa blogger yang dimaksud. Ada yang menyayangkan hal ini, ada pula yang menganggap hal ini adalah biasa aja. Perbedaan adalah rahmat, perbedaan itu indah…. Hmmmm…lebih dari itu, apa sebenarnya yang bisa kita lihat?

    Satu fenomena yang ane lihat adalah perbedaan pendapat, perpisahan (kalau gak mau dibilang perpecahan) ataupun komunitas itu terjadi baik di dunia nyata ataupun di dunia maya. Masbro tentu gak asing dengan kejadian adanya konflik internal di klub motor atau komunitas motor. Ternyata, meskipun penikmat otomotif sudah ‘hidup’ di dunia maya, konflik-konflik tersebut masih saja bisa terjadi. Suatu fenomena yang lumrah kalau kita terbiasa melihat kehidupan di klub atau komunitas motor. Mungkin ya karena komunitas motor mayoritas cowo, dan katanya cowo kuat ego nya…sama juga dengan blogger otomotif yang kebanyakan cowo (atau cowo semua mungkin)…itu penjelasan sangat sederhana dari fenomena yang terjadi….kalau salah ya jangan ditimpukin bata… :p

    Lanjut….sebenarnya kenapa sih bisa muncul blogger otomotif. Kenapa bisa muncul otoblogger indonesia, indomotoblog, koboys ataupun yang paling baru jatimotoblog. Sangat sederhana, kemudahan akses internet mempermudah para pecinta otomotif, khususnya roda dua untuk saling berbagi. Yaaahhh…mungkin sudah nature nya, sudah dari sononya kalau pecinta otomotif itu sebenarnya senang berbagi, senang berkumpul, bersosialisasi. Di teori sosial pun jelas, orang yang menyukai hal yang sama akan cenderung berkumpul, berbagi infor dan saling mendukung. Melalui hobi dan kesukaan di roda dua itulah kita semua para pecinta motor bisa bertemu dan berbagi di dunia maya. Tatapi itu barulah permulaan, ibarat kata bro…kecintaan pada dunia roda dua adalah kunci motor yang di putar ke posisi ON. Selanjutnya, tergantung tinggal ridernya mo gimana dia bawa motor….

    Ada rider yang emang dari sononya sembrono, ada rider yang suka main aman, ada pula rider yang lebih suka ngulik mesin. Begitu pula dengan blogger, ada blogger yang suka mbahas berita-berita pabrikan, ada blogger yang lebih sering mbahas dunia otosport dan moge, ada rider yang kadang nyrempet ke celengan:mrgreen: ada pula blogger yang sangat vokal mendukung hak-hak konsumen dan transportasi publik.  Semua ada spesialisasinya masing-masing…Tapi, hampir ada satu kesamaan di tiap blogger. Kecintaannya di dunia otomotif membuat semua blogger lebih memahami dan berusaha menganalisis apa yang dilakukan oleh pabrikan otomotif. Artinya, blogger otomotif bisa melihat dan membahas sisi manajemen dunia otomotif. Apa yang dilakukan oleh pabrikan, hampir pasti bisa dibaca oleh blogger. Karena itulah blogger dianggap kunci penting bagi pabrikan otomotif.

    Perspektif...gimana kita memandang produk:mrgreen:

    Disinilah ‘permasalahan’ mulai muncul….mulai dari istilah blogger ternak lah…atau istilah yang lain. Apakah ketika seorang blogger ikut test ride langsung dicap memihak pada ATPM yang memfasilitasi test ride? Itu pertanyaan sekaligus tudingan yang sering muncul. Sebenarnya, ane pribadi gak mempermasalahkan test ride. Itu hak dan itu juga peluang. Kenapa hak? Karena pabrikan sudah menganggap penting posisi blogger otomotif. Lalu mengapa ada peluang disini?

    Disnilah menurut ane kekuatan blogger otomotif. Sampai kapanpun blogger harus independen. Peluang yang diberikan oleh ATPM harusnya dapat dimanfaatkan blogger untuk melihat suatu produk dari berbagai sudut pandang. Semakin blogger tahu seluk beluk manajemen, seluk beluk pabrikan dan seluk beluk produk yang dikeluarkan, semakin besar pula pengetahuan yang dimiliki blogger. Semakin besar pula pengetahuan tentang BAGAIMANA KONSUMEN DIPERLAKUKAN OLEH PABRIKAN. Disinilah peluang yang ada, blogger bisa lebih menyuarakan hak-hak konsumen.

    Kita semua tahu laaahhh…gak ada produk yang sempurna. Gak ada pula produk yang paling irit. Gak semua hak konsumen dipenuhi oleh pabrikan. Disinilah blogger otomotif berperan… Semakin blogger diperhitungkan oleh pabrikan, semakin besar pula peluang mereka berusaha digandeng pabrikan (hati-hati bro…), tetapi di sisi lain semakin besar pula blogger itu tahu hak-hak konsumen apa yang belum dipenuhi oleh pabrikan…

    So, akan kemana blogger otomotif? Akan selalu memberitakan produk baru? Akan selalu memberitakan keiritan produk? Ya ga masalah…wong itu kembali lagi ke kunci utama yang menggerakkan blogger kok…HOBI OTOMOTIF. Tetapi, gak usah memungkiri laahhh….blogger juga tahu kalau semakin banyak produk, semakin banyak masalah yang muncul di jalanan (karena infrastruktur yang amburadul), masih banyak pula praktek-praktek gak bener dari pabrikan yang selalu mendorong agar produk mereka laku, masih banyak pula klaim pabrikan yang gak sesuai dengan kenyataan…..

    So, akan kemanakah blogger otomotif….sekadar hobby, ahli analisis langkah ATPM, penyuara produk baru, atau pembela hak-hak konsumen otomotif yang masih banyak dilanggar? Satu blogger gak cukup membahas semua itu….semua blogger mungkin bisa. So, apapun perbedaan yang terjadi kita punya satu kunci utama yang menyatukan kita…kecintaan pada dunia roda dua. Dan apapun produk yang dikeluarkan produsen, jangan lupa juga hak-hak konsumen yang masih sering diabaikan pabrikan, jangan lupa pula ‘akal-akalan’ pabrikan yang pengen produknya laku bak kacang rebus….

    *tulisan dari Samidi yang masih awam dunia blogger otomotif, monggo dikoreksi kalau ada yang salah….

     

Comments

  • Aa Ikhwan 2:32 pm on March 8, 2012 | # | Reply

    gak ada yang sempurna like dis yo😀

    pabrikan gak ada yg sempurna, produk juga gak ada yang sempurna, blogger pun gak ada yang sempurna tapi semuanya berusaha saling sahare, saling melengkapi yang ujung2nya tetap tidak akan sempurna mungkin hnya mendekati saja😀

    • masTer Samidi O_O 9:09 am on March 9, 2012 | # | Reply

      Saling melengkapi, saling mengingatkan bro….. just like brothers lah….

  • bennythegreat 3:23 pm on March 8, 2012 | # | Reply

    like this…

    • masTer Samidi O_O 9:13 am on March 9, 2012 | # | Reply

      like that…like this…like that….:mrgreen: gak ikut ngelipet spion ooommm:mrgreen: ?

  • petrix 5:51 pm on March 8, 2012 | # | Reply

    Adem & idem

  • rullynova 7:07 pm on March 8, 2012 | # | Reply

    Yup bener masbro,perspektif!
    bagaimana kita memandang

    • masTer Samidi O_O 9:20 am on March 9, 2012 | # | Reply

      Katanya bisku Tong Sam Chong, gurune kera sakti…isi adalah kosong, kosong adalah isi:mrgreen:

  • tiyo 2010 4:08 am on March 9, 2012 | # | Reply

    dua jempol untuk rika mas bro,

  • Papi-R2 8:27 am on March 9, 2012 | # | Reply

    Weh.. Mas Samidi hebat juga dalam menjabarkan opini, aku salut & setuju. kenapa nggak jadi penyanyi aja Mas. he. he. he

    • masTer Samidi O_O 9:06 am on March 9, 2012 | # | Reply

      Sudah pernah mas, tapi di cekal sama produser, katanya terlalu laku…ngerusak industri….:mrgreen: Sama kaya mau ngeluarin motor yang ‘terlalu bagus’ ngerusak struktur industri katanya…😈

  • aredhieant 9:53 pm on March 24, 2012 | # | Reply

    good…!!!
    tpi tengok
    http://gasver.blogspot.com/

  • ridersdrivers 1:34 am on August 4, 2012 | # | Reply

    pd prinsipnya ane menganggap sah sag saja ada gesekan2 di dunia maya, sepanjang masih dalam batasan wajar tida sampai pada pembunuhan karakter he he he.


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: