Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 11:03:18 am on November 26, 2011 | 7


    Selamat hari Sabtu masbroooo…. Enaknya hari Sabtuuu…bisa tidur ampe mata rapet..wakakaka… Ah, jangan ah, cari sesuap hits saja dari blog:mrgreen: Barusan baca-baca tabloid dan majalah otomotif koleksi adik, ternyata menyadari sesuatu. Jujur aja sejak kenal blog dan tiap hari bisa online, ngobrolmotor lebih banyak baca berita dari dunia maya. Sedangkan proporsi untuk membaca berita dari media cetak udah mulai berkurang. Tapi ada sesuatu yang hilang dari kebiasaan tersebut, ternyata ane melewatkan suatu langkah yang dilakukan oleh Kawasaki Motor Indonesia. Lhooo..apa hubungannya. Yup…PT KMI masih banyak ngiklan di media konvensional seperti tabloid dan majalah. Apabila kita mengamati suatu iklan yang dipasang di media, kadang kita dapat sedikit membaca strategi yang diterapkan oleh pabrikan yang memasang iklan tersebut. Yaahhh..kalo mau ilmiah sedikit namanya ya content analysis. Yuukk..mari kita obrolin sedikit demi sedikit..

    Iklan Kawasaki di Media Cetak

    Ternyata, PT KMI memang sangat serius dengan langkahnya di Indonesia. Mendatangkan motor-motor ‘spesies aneh’ bagi pasar Indonesia. Dimulai dari Ninja 250 yang mendobrak kelas yang selama ini dianggap tabu, KLX 250 dan KLX 150 yang menjadi pemuas dahaga pecinta motor garuk tanah, KSR yang diharapkan menjadi ‘motor mainan’ buat biker tanah air, sampai kemarin barusan mendatangkan ZX6R, ER6N dan Ninja 650R atau ER6F. Waooowww…tanpa ba bi bu, tanpa spy shot berlebihan, KMI langsung ‘menghadiahi’ biker tanah air dengan produk dan harga yang masuk akal buat kantong biker Indonesia (harga bisa dibaca di blognya
    mas Taufik
    ).

    Selain itu, KMI sangat serius dengan mengomunikasikan value yang ditawarkan dari motor-motor ‘aneh’ tersebut. Mulai dari racing performance yang ditonjolkan melalui seri ZX6R dan Ninja 250nya, fun melalui KSR dan adventure melalui seri KLX. Iklan-iklan yang dibuat oleh Kawasaki Motor Indonesia pun menggambarkan hal itu dengan jelas seperti misalnya menunjukkan prestasi yang diperoleh Kawasaki di ajang Supersport Asia. Selain itu, Kawasaki juga mengomunikasikan bahwa mereka menyediakan racing parts dari Beet untuk meningkatkan performa motor. Dan gak cuma itu, Kawasaki juga menyediakan oli premium dari Elf khusus untuk pengguna motor sport Kawasaki. Yaaahhh…dari iklan-iklan yang dikomunikasikan oleh KMI, terlihat jelas strategi Kawasaki Motor Indonesia.

    Buat ane, KMI adalah pemain otomotif roda dua yang benar-benar menerapkan strategi Blue Ocean. Yang namanya strategi itu kan grand design bro…jangka panjang…gambaran besar apa yang akan dilakukan oleh pabrikan dalam waktu yang cukup lama untuk mencapai tujuannya. Jadi, apabila salah satu pabrikan mengaku menerapkan strategi Blue Ocean tapi hanya mengeluarkan satu produk yang bisa dengan mudah ditiru oleh pabrikan lain, menurut ane itu bukanlah suatu strategi Blue Ocean.

    Strategi Blue Ocean menyentuh semua sisi kebijakan perusahaan, mulai dari produk yang dikeluarkan, kebijakan arah pengembangan produk dan pengembangan pasar, kebijakan komunikasi seperti iklan, sampai kebijakan produksi yang dimiliki. Strategi KMI dalam hal ini paling mendekati apa dinamakan strategi Blue Ocean. Pertama, KMI mengeluarkan produk-produk yang membuat persaingan tidak lagi relevan baginya. Coba deh lihat…ketika Ninja 250 keluar…dia main sendiri…semua motor yang ada di Indonesia gak relevan buat bertarung dengannya…gak sekelas. Pun demikian ketika CBR muncul, walaupun kelasnya sama, inovasi 2 silindernya bagi masyarakat Indonesia membuat Ninja 250 masih gak sebanding dengan 1 silindernya CBR 250. Setelah itu berturut turut ada KLX, KSR, ER6N, dan ZXR. Semua motor itu gak punya motor sebanding yang bisa menjadi pesaingnya! KMI telah membuat persaingan tidak lagi relevan baginya. Apapun motor yang dikeluarkan pabrikan lain…mau itu R15 lah atau apapun lah…gak bakal relevan dengan motor yang dikeluarkan Kawasaki. Itulah salah satu kunci dari Blue  Ocean Strategy….buatlah persaingan menjadi tidak relevan.

    Iklan Kawasaki juga brooo....

    Apa lagi kunci Blue Ocean Strategy? Value Innovation! Apa itu value innovation? Dia adalah kondisi dimana konsumen merasakan produk yang ditawarkan memiliki inovasi atau berbeda dengan produk-produk lain yang ada. Tapi gak cuma itu…inovasi yang ditawarkan masih bisa terjangkau oleh konsumen (Yuswohady, 2006). Itulah mengapa namanya value innovation….Bagaimana bisa sebuah inovasi bisa terjangkau? Bisa dooong… Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan value mapping terlebih dahulu, kemudian di evaluasi di mana-mana yang bisa dipangkas untuk mengurangi customer cost. Dengan demikian dapat menciptakan value package yang tak hanya murah, tetapi juga tetap bernilai tinggi. Namun hal ini tidak serta merta diikuti dengan penurunan value yang ditawarkan.

    Dan sekali lagi, kunci ini telah dimiliki oleh Kawasaki! Kawasaki menawarkan inovasi-inovasi baru melalui motor-motor ‘aneh-nya’ yang udah disebuti sebelumnya. Plus, dengan cerdas Kawasaki mengetahui harapan-harapan dan impian bikers Indonesia atas sebuah motor. Setelah itu, dengan cerdas pula Kawasaki mengeluarkan motor yang sesuai dengan value yang diimpikan tersebut, ditambah dengan harga jual yang relatif masuk akal…hasilnya…BANG! Kawasaki menjadi yang terdepan dalam urusan moge, motor special purpose seperti KLX dan KSR!

    Selamat Kawasaki…sudah mewarnai permotoran di Indonesia menjadi lebih meriah (baca: hijau) !


     

Comments


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: