Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 04:56:25 pm on November 22, 2011 | 7
    Tags: , , , ,


    Halo brooo….ngomongin balap lagi yuuuk…sekarang info-info ringan seputar balap dunia. Hmmm…yang bakal dibahas kali ini adalah HRC dan GYTR. Kalo HRC sih masbro semua pasti udah pada tahu laaah…Lha kalo GYTR? Jujur pertama ane lihat dan baca GYTR ane malah penasaran…apakah GYTR hubungannya sama ‘Githir’ dalam bahasa Jawa ngapak…?  Wakakaka…kalo bahasa Jawa ngapak sih Githir artinya gipyak….atow tergopoh-gopoh…terburu-buru…kok relevan ya dengan dunia balap:mrgreen: Okelah…daripada ngelantur kita bahas satu persatu aja!

    GYTR Yamaha

    Pertama adalah HRC, buat info aja… Pada awalnya, pengembangan untuk dunia balap di Honda Motor tidak terpisah menjadi satu divisi khusus. Namun, pada awal tahun 1973, dibentuklah divisi khusus untuk penelitian dan pengembangan di dunia balap. Divisi tersebut bernama RSC (Racing Service Center). Kemudian, dalam perkembangannya, RSC tersebut berkembang menjadi semakin besar dan semakin fokus pada pengembangan balap untuk motor Honda. Akhirnya, pada tanggal 1 Sepember 1982, berdirilah HRC yang merupakan divisi racing/ balap dari Honda Motor. FYI, Presiden HRC pertama pada saat itu adalah Shoichiro Irimajiri. Dalam perkembangannya, HRC gak hanya menjadi produsen parts racing saja, tetapi juga memberikan support pada tim satelit balap dan memberikan edukasi dalam pengembangan SDM yang terjun di dunia balap.

    Lanjuuutt….kita obrolin GYTR. Hehehe…namanya rada aneh ya. GYTR adalah singkatan dari Genuine Yamaha
    Technology Racing. Hampir sama seperti HRC, GYTR adalah hasil transformasi dari divisi kecil yang dimiliki oleh Yamaha. Di tahun 1970an, pembalap yang ingin meningkatkan performa motornya menggunakan parts racing yang berasal dari Yamaha. Parts tersebut dikenal dengan GYT atau Genuine Yamaha Tuning. Salah satu parts yang cukup dikenal saat itu adalah parts GYT untuk motor Yamaha MT1. Parts GYT saat itu tersedia untuk merubah motor MT1 menjadi entry level motor motocross yang cukup mangstap! Dalam perkembangannya, GYT berubah menjadi GYTR, dimana kata Tuning diubah menjadi Technology plus ditambahi embel-embel Racing dibelakangnya.

    Hehe..memang sepenting apa sih divisi racing untuk sebuah parikan? Hohohoho…jangan anggap remeh brooo…melalui divisi racing, pabrikan bisa mengelola pengembangan teknologi balap dengan lebih fokus dan terpusat. Semua temuan, uji coba ataupun hasil yang diperoleh dari penggunaan parts racing bisa diketahui oleh pabrikan untuk dianalisis lebih lanjut, kalau perlu dikembangkan agar performa motor balap lebih tinggi. Sebuah ilustrasi sederhana….Masbro tentu masih ingat, dulu ketika balapan Road Race di Indonesia masih ‘primitif’, tim-tim balap harus melakukan riset sendiri-sendiri. Padahal kondisi tersebut gak bagus untuk perkembangan dunia balap. Karena tim harus merogoh kocek dalam-dalam. Selain itu, pengembangan teknologi tidak akan merata, karena hanya terpusat pada tim yang melakukan riset tersebut. Hasilnya apa? Seringkali motor Indonesia kalah dengan motor negara tetangga. Itulah salah satu ilustrasi sederhana kenapa divisi balap sangat penting bagi pabrikan. Pluuusss…jangan lupa, apa yang ditemukan di dunia balap, apabila bermanfaat bagi dunia nyata (dijual untuk umum maksudnya) pasti bakal laku! Sooo….ada dua keuntungan yang diperoleh dari divisi racing, pertama pengembangan teknologi dan penelitian berjalan lebih fokus dan efisien. Serta kedua, hasil yang diperoleh dari divisi racing bisa ditransfer menjadi produk massal yang mendatangkan keuntungan bagi pabrikan.

    Oke…semoga bermanfaat😉

    Upppsss….pabrikan lain gimana ya? Hmm..kalau Ducati punya Ducati Corse yang pernah dibahas sama mbah Dukun di sini. Sedangkan Kawasaki dan Suzuki…..ane kok belum dapet info nya ya? Apakah Beet merupakan divisi racing Kawasaki? Atau masbro ada yang tahu???

     

Comments

  • win 8:24 pm on November 22, 2011 | # | Reply

    ditunggu ksbsr dr suzuki dan kawasakinya master

  • win 8:25 pm on November 22, 2011 | # | Reply

    ditunggu kabar dr suzuki dan kawasakinya master

  • ridertua 8:38 pm on November 22, 2011 | # | Reply

    woke..

  • Lekdjie 5:37 pm on November 23, 2011 | # | Reply

    Untuk kawasaki dan suzuki sepertinya menggandeng pihak lain semacam BEET(kawasaki) dan YOSHIMURA(suzuki)..

  • gogo 3:37 pm on November 25, 2011 | # | Reply

    mantab, balapan tempat mengembangkan ilmu dan menguji coba ilmu baru..


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: