Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 11:48:48 am on November 20, 2011 | 3
    Tags: , , , , , , , , , ,


    Halo bro….sehat-sehat aja kan…😉 Minggu pagi enaknya leyeh-leyeh dirumah..tanpa gangguan apapun. Sambil nonton film kesukaan..atow TV atow apapun lah yg penting santaaiii… Ngobrolin film, ane jadi teringat salah satu film favorit..(500) Days of Summer yang dibintangi sama Zoey Deschenel. Kebetulaaann..ane juga suka ‘sinetron’ luar negri…ah serial aja deh jangan sinetron..Serial Bones yang dibintangi oleh Emily Deschenel. Dua aktris dengan nama belakang yang sama..artinya? Yup…Zoey dan Emily adalah kakak beradik. Kalow masbro tahu mereka berdua, pasti setuju kalau mereka berdua sangat mirip, mulai dari fisik sampai gaya berbicaranya. Yang nama nya saudara sedarah pasti ada kemiripan…kemiripan yang diturunkan dari DNA yang dimilikinya…

    Sama seperti manusia, yang memiliki kemiripan fisik dengan saudara kandungnya, produk otomotif seperti mobil dan motor juga memiliki DNA yang membuat tiap produk ada kemiripan satu sama lain. Sebut saja Honda, mulai dari VFR 1200, CBR 1000, sampai CBR 250, bahkan Honda Civic. Mereka semua memiliki kemiripan, memang sih gak sama plek. Tapi garis lampu, garis body dan lekuk-lekuk tubuhnya bisa menggambarkan kalau mereka itu saudara kandung. Contoh lain, Hyundai…kalau masbro amatin, Hyundai Grand Avega dengan Hyundai Tucson memiliki kemiripan yang sangat kental. Lampu, garis bonnet dan gril didesain serupa. Hmmmm…mau contoh lain? Suzuki! Ambil produk bebeknya…Axelo, Titan dan Smash…mirip kan? Bebek Suzuki memiliki ciri khas..bodi yang ramping…Termasuk juga Satria FU yang memiliki bodi sangat ramping walaupun bermesin gambot.

    Berbeda dengan manusia dimana DNA nya terdiri atas ikatan unsur kimia dan gen yang membentuk kemiripan fisik. DNA pada mobil dan motor ada pada bentuk-bentuk fisik seperti garis body, lengkungan body ataupun bentuk lampu yang dipakai. Dari sudut pandang perilaku konsumen, kemiripan ini memang diperlukan untuk membentuk satu image produk yang sama.

    Otak manusia adalah suatu komponen yang sangat kompleks. Namun, kekompleksan itu justru malah menuntut suatu kesederhanaan. Dengan bentuk body, bentuk lampu ataupun tarikan garis body yang mirip, maka otak manusia dapat dengan mudah menyimpulkan bahwa satu produk mirip atau sama dengan produk lain (dari merek yang sama). Harapannya, konsumen akan berpikir bahwa satu keunggulan yang dimiliki oleh satu produk (misal CBR 1000) maka keunggulan tersebut ada juga di produk lain (misal CBR 250).

    Itu sedikit pemikiran ane di hari Minggu…monggo ditambahi kalau bermanfaat… Atau da yang jago desain n psikologi? Mau nambahin analisis? Ane terima dengan senang hati…😉

     

Comments

  • Bintang 3:43 pm on November 20, 2011 | # | Reply

    DNA motor itu common part.

  • dony46 3:45 pm on November 20, 2011 | # | Reply

    ommm cari informasi tentang moto gp lagi dunk…gmn perkembangan gp 12 skrng

  • Balada Yamaha (Seri 2): Yamaha Motornya Petronas Olinya????? « ngobrolmotor 7:10 pm on January 4, 2012 | # | Reply

    […] dan psikologi, konsumen tidak menyukai hal-hal yang sifatnya kompleks. Otak manusia kompleks, tetapi tidak menyukai hal yang kompleks. Satu hal yang sederhana…Honda di MotoGP merajalela, mereka pakai oli apa? Repsol, titik. […]


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: