Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 09:23:56 am on November 18, 2011 | 11
    Tags: , , ,


    Gud morning broooo…..pagi2 lumayan ni kalo sarapan berita motoGP. Yuuukkk…sarapan dengan isu keselamatan di motoGP. FIM baru saja mengeluarkan peraturan kalau semua kelas di motoGP mulai dari Moto3, Moto2 sampai MotoGP harus memiliki pelindung tuas rem depan. Pelindung tersebut bertujuan untuk menghindari pembalap dari kecelakaan fatal yang disebabkan oleh tertekannya tuas rem depan secara tidak sengaja. Sudah cukup banyak rider yang mengalami kecelakaan hebat karena tuas rem depan motornya tertekan karena berbenturan dengan motor lain. Mari kita absen satu-satu siapa aja sih yang udah celaka karena kejadian tersebut?

    Yuuuhuuuu...ada paket baru tiba.....

    Ngeriiii...jangan kejadian lagi deh...

    Pertama, kalau masbro semua masih ingat kejadian di lap pertama motoGP Catalunya 2008! Insiden hebat yang melibatkan Loris Capirossi, Randy de Puniet, Dani Pedrosa dan Marco Melandri. Selepas start, tuas rem Sete Gibernau tertekan oleh motor rekan setim nya, Loris Caporosi. Gak bisa dihindari, motor Sete pun langsung stoppie hebat dan nabrak motor pembalap lain! Cedera? Jelaaasss…..Sete Gibernau dan Loris capirossi cedera dalam insiden tersebut.

    Kedua, kecelakaan yang dialami oleh Hector Barbera yang sedang bertarung sengit dengan Marco Simoncelli. Di trek lurus, Tuas Rem Hector Barbera menyentuh bodi motor Simoncelli. Wuuuuut!!!! Langsung stoppie hebat di tengah aspal trek lurus…. Bayangkan! Jatuh dalam kecepatan lebih dari 150 km per jam, di trek lurus yang minim pengaman! Untungnya Barbera gak cedera parah saat itu…masih beruntung…. Insiden ketiga adalah jatuhnya Rossi di motoGP Motegi beberapa waktu lalu. Rossi mengalami kontak dengan motor Lorenzo, yang apesnya mendorong nya ke  arah Ben Spies dan secara gak sengaja menyentuh rem depan Desmosedici nya. Hasilnya? Jari kelingking retak….

    FIM mungkin menyadari kalau perlindungan rem sangatlah penting dalam menghindari kecelakaan yang berpotensi sangat berbahaya bagi rider. Karena itulah, di tahun 2012 semua motor di tiga kelas yang berbeda harus mengaplikasikan pelindung rem depan. Sebenarnya, pelindung rem bukanlah hal yang baru. Di tahun 2010 Toni Elias sudah menggunakannya di motor moto2 nya. Saat itu, moto2 memang sedang sadis-sadis nya. Banyak banget kecelakaan yang melibatkan banyak pembalap. Diharapkan dengan pelindung rem, Toni dapat terhindar dari kontak yang gak perlu dengan rider lain. Dan tentu saja masbro semua tahu kalau peserta di moto2 jumlahnya sangat banyak!

    Sayangnya, aplikasi dan bentuk pelindung rem yang sangat aman setahu ane belum diciptakan (atau mungkin diaplikasikan) di motoGP. Saat Toni Elias menggunakan pelindung rem pada tahun 2010, banyak pihak yang mengkhawatirkan peralatan tersebut. Dari bentuknya, pelindung tersebut justru malah bisa ‘menusuk’ atau menyobek tubuh pembalap ketika jatuh. Selain itu, ada peluang jari atau tangan pembalap malah terjepit ketika dia jatuh. Tapi, paling tidak FIM sudah mengeluarkan aturan yang jelas tentang peranti tersebut

    “Such devices must be strong enough to function effectively and designed so that there is no risk for the rider to be injured or trapped by it, and it must not be considered a dangerous fitting (at the sole discretion of the Technical Director). In case the brake lever protection is attached to any part of the braking system (eg. brake master cylinder), then the brake system manufacturer must officially confirm in writing to the Technical Director that the device does not interfere with the proper brake operation.”

    Peralatan tersebut harus cukup kuat untuk dapat berfungsi secara efektif dan didesain  sedemikian rupa agar tidak ada risiko cedera atau terjepit bagi pembalap karena peralatan tersebut, serta penempatannya tidak berbahaya (yang dinilai oleh Technical Director). Kalau peralatan tersebut menempel pada sistem pengereman (misal master rem), produsen sistem pengereman tersebut harus mengonfirmasi secara resmi kepada Technical Director bahwa peralatan tersebut tidak mengganggu sistem pengereman

    Yuuuppsss…..kayanya tahun depan kita bakal lihat bentuk-bentuk aneh (atau menarik) yang menempel di dekat tuas rem depan motor-motor di gelaran MotoGP.Dan siap-siap juga bakal ada virus modifikasi baru di tanah air:mrgreen: Eiiittsss…ketinggalan…kalau ada yang mau jadi trend setter, bisa kok beli produknya. Rizoma, produsen variasi buat motor-motor di luar negri sono udah sedia produk pelindung itu kok bro…monggo dicek!

    Sekian laporan dari Samidi!

     

Comments

  • intertop 2:11 pm on November 18, 2011 | # | Reply

    Prettaaamaaaaaaax..

  • win 2:38 pm on November 18, 2011 | # | Reply

    buat safety its oke lah
    master katanya rdp lg ngetes crt mesin aprillia ya?
    oh iya gosipnya katanya 2013 motogp mau dibatasi 16ribu rpm sama single ecu ya?bahas dong

    • masTer Samidi O_O 4:25 pm on November 18, 2011 | # | Reply

      Yoi..rencana nya ada pembatasan putaran mesin n single ECU kaya di F1. Oke deh…insyaAllah ane bahas y….sip…thanks masukannya bro…😉 Kalo RdP setau ane malah jadi test ridernya Ducati tuh bro….🙄

  • penggemar ninja 6:22 pm on November 18, 2011 | # | Reply

    kenapa ngak pasang full aja , kyk super moto..:)

    mantab kan..?

  • anwar 8:52 am on November 19, 2011 | # | Reply

    Manteplah kalo bisa ngurangi kcelakaan ntar, tp kalo malah memperparah kecelakaan karna tu pelindung yaaa kita liat aja ntar.

    • masTer Samidi O_O 10:06 am on November 19, 2011 | # | Reply

      Kalau pelindung digabung ke fairing aman ga ya bro….❓

  • Pino Kio 12:57 pm on November 19, 2011 | # | Reply

    knp gak bikin hand guard spt motor2 touring aja?
    kayaknya keren jg

  • ryan 9:55 pm on January 1, 2012 | # | Reply

    jgjgg

  • ryan 9:56 pm on January 1, 2012 | # | Reply

    ga tahu

  • aku 8:30 pm on May 3, 2013 | # | Reply

    Insiden di Catalunya di atas itu bukannya tahun 2006,
    Kalau 2008 Gibernau dah pensiun, Capirossi dah pindah ke suzuki.


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: