Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 03:15:19 pm on September 12, 2011 | 12
    Tags: , , , ,


    Halo bro….sekilat info nih…mumpung dapet ilham dari tukang rombeng yang ramah…🙂 Masbro semua pasti tau laaah..balap di motoGP itu butuh biaya yang gak sedikit. Wong sistem girboks HRC aja harganya lebih dari satu rumah tempat tinggalnya bos HRC. Apalahi biaya untuk satu tim balap motoGP. Maka dari itu, baik tim pabrikan atowpun tim satelit, lazimnya ditopang oleh sponsor-sponsor. Bisa sponsor utama maupun sponsor-sponsor pendukung. Sponsor utama tentu aja nggontorin duit paling banyak ke tim pabrikan. Beberapa tim sudah memiliki sponsor setia, seperti Repsol yang nyeponsorin Honda sejak puluhan tahun yang lalu. Apa yang menjadi daya tarik bagi sponsor untuk mendanai tim-tim balap? Banyak faktor bro…Namun, salah satu faktor pentingnya adalah pembalap yang dimiliki oleh tim balap itu sendiri.

    Rossi, Ducati, Sponsorship

    'Ramah kamera', salah satu daya tarik bagi sponsor

    Contoh gampangnya adalah Ducati Team yang langsung kebanjiran sponsor begitu Rossi gabung dengan tim asal Bologna itu. Walaupun prestasi Rossi ampe sekarang belum pada tingkat terbaiknya dan masih mengalami kesulitan dengan Desmosedicinya, para sponsor tahu bahwa kepindahan the Doctor PASTI membuat semua mata berpaling kepadanya. Tiap balapan pasti ada berita tentang dia, mau menang mau kalah pasti ada mas Vale di media konvendional dan media internet. So…otomatis pula sponsor-sponsor yang nempel di wearpack n motornya pasti terekspose secara maksimal.Paling gak, awareness atas sponsor yang nempel di tim Ducati pasti meningkat tajam. Itu yang dikejar sama pihak sponsor. Ditambah dengan karakteristik Vale yang ramah kamera, sering bikin ulah unik dan ramah pada penggemar n wartawan! Karakteristik Rossi yang menarik itu sangat penting bagi merek-merek yang nempel di tim dan badannya. Karena mau gak mau, orang-orang pasti mengasosiasikan Rossi dengan produk yang nempel di badannya itu.

    Jorge Lorenzo, MotoGP, Grid Start

    Bandingkan dengan Hohe yang lebih sering cuek sama kamera....

    Seringkali pula, perusahaan mau nyeponsorin tim kalau pembalapnya sesuai dengan kemauan sponsor itu. Atau dengan kata lain nama besar atau daya tarik pembalaplah yang membawa sponsor mau ngucurin dana ket tim balap. Konsekuensinya apa bro? Data tarik pembalap sangat berpengaruh bagi sponsor. Nhaaa….kalau kita ingat-ingat, di tahun 2011 ini Yamaha motoGP Team gak dapet sponsor utama yang gede. Yah..mungkin Yamaha gak nemu kesepakatan yang bagus dengan pihak sponsor, atow duit yang ditawarin sponsor kurang…mungkiiiin..tapi mari kita coba kesampingkan dulu faktor itu. Mari kita lihat dari sisi pembalap. Pembalap utama Yamaha adalah Jorge Lorenzo yang mengantongi banyak kemenangan di tahun 2010 dan juga juara dunia di tahun 2010. Tahun 2011 pun dia salah satu kandidat juara dunia. Tapi mengapa Hohe seperti  gak punya daya tarik mendatangkan sponspor gede bagi timnya.

    Jorge Lorenzo Misano 2011 Victory Boo

    Lorenzo yang nungguin ejekan fans Rossi di Misano

    Hmmmmm….apakah karena Hohe yang terkesan ‘jutek’ baik di sirkuit atowpun di luar sirkuit? Coba deh ingat…setiap kali kamera nyorot dia di grid start, Hohe sangat jarang beramah tamah dengan kamera. Dia lebih suka konsentrasi dengan persiapan balapnya dengan dengerin musik lewat earphone nya. Atowpun ketika menang, Hohe lebih suka ‘menikmati dengan caranya sendiri’. Contoh..ketika dia menang di Misano kemaren, Hohe gak ragu-ragu nyindir fans Rossi di Italia yang sering ngejek dia. Dia menaruh tengan di telinga nya seolah-olah ingin mendengar ejekan itu. Soooo….mungkinkah ‘juteknya’ Lorenzo dan sifatnya yang kurang ‘ramah kamera’ itu yang membuat sponsor gak begitu tertarik nyeponsorin dia dan tim nya? Karena ketika suatu sponsor nempel di badan pembalap, mau gak mau audience bakal mengasosiasikan sponsor itu dengan kelakuan dan tingkah pembalap itu….

    Yah….artikel ini memang hanya memandang dari satu sisi aja bro..karakteristik pembalap di depan media. Tentu aja keputusan nyeponsorin seorang pembalap atow tim itu suatu keputusan kompleks dan rumit. So…artikel ini dibawa fun aja laahh….😉

     

Comments

  • asmarantaka 3:19 pm on September 12, 2011 | # | Reply

    wohh…HOKI juga ngaruh omm😀

    • masTer Samidi O_O 3:26 pm on September 12, 2011 | # | Reply

      Berarti butuh SMS ketik SUHU SU kirim ke 8999 buat ngetahuin hoki mereka n lokasi penempelan stiker sponsor yang bawa hoki:mrgreen:

  • Mercon C Part 3 5:01 pm on September 12, 2011 | # | Reply

    iya juga ya,,, bener tuh😀

  • sony 9:37 am on September 13, 2011 | # | Reply

    tp gk juga bro,,,,ingat gk waktu rosi kali pertama pindah yamaha,sponsor utamanya kan CAMEL,,,,padahal itu pemabalab utamanya rossi loh,,,bukan doni tata,,xixixixi,,,tp memasuki tahun kedua CAMEL malah mundur,gue kurang tau alasannya,dan sampai sekrng digantikan dgn FIAT,,,,,,kesimpulannya berarti bukan karena faktor pembalabnya bro,,,,

    • masTer Samidi O_O 11:55 am on September 13, 2011 | # | Reply

      Sori bro..kayanya butuh ralat dikit…Rossi pertama ke Yamaha itu sponsor di Yamaha adalah Gauloises, dua tahun Gauloises menemani Yamaha dan Rossi (2004-2005), walaupun sebelumnya udah nyeponsorin Yamaha juga tanpa Rossi. Di tahun 2006, ganti Camel nempel di YZR M1, baru deh 2007-2010 si Fiat nempel di M1. Tapi, seinget ane, di tahun 2010, Fiat gak mau memperpanjang kontraknya ma Yamaha karena Rossi gak di tim itu lagi. Atawa gak aga lagi pembalap italia di Yamaha, padahal tau sendiri lah Fiat dari mana….iku konon kabarnya asal usul Fiat cabut dari Yamaha. Tapi masih ada bukti lain loh bro… Masih ingat spnsor Telefonica? Perusahaan komunikasi asal Spanyol? Tu prusahaan mau nempel di suatu tim kalau ada pembalap Spanyol yang membela tim itu (Sete Gibernau contohnya)…. Memang faktor pembalap hanya satu dari sekian banyak pertimbangan yang ada bro…termasuk faktor negara asal pembalap juga ikut dipertimbangkan…😉

    • rossifumi 8:44 am on September 28, 2011 | # | Reply

      satu lg masbro.
      rossi beralih ke camel coz dia mo nyingkirin biaggi dari motogp.
      hanya camel yg mau nyeponsorin biaggi.
      begitu camel nawarin ke yamaha, diiyakan oleh vale dan keluarkah biaggi dari motogp (ga ada yg mau nyeponsorin).
      padahal yamaha dituntun ama gauloises karna memutuskan kontrak secara sepihak.
      bgitu kalo ga salah….😀

  • rinosin 9:47 am on September 13, 2011 | # | Reply

    mungkin karna merk rokok udah g boleh lagi nampang terang2an di motor.., seperti marlboro diducati yang cuman nampilin barcode aja, g nama rokok/perusahaannya,, mungkin loh ya…

    • masTer Samidi O_O 11:57 am on September 13, 2011 | # | Reply

      Faktor regulasi buat sponsor rokok memang cukup menghambat sponsorship di dunia balap. Tapi aturan di motoGP masih rada longgar lhooo….di F1, warna mobil yang khas dengan warna produk kemasan rokok aja diprotes kerasss…..! Sedangkan di motoGP, bau-bau asap Marlboro masih bisa tercium lamat-lamat di Ducati, bahkan warna dan merek produk kertas rokok Rizla masih terang-terangan nempel di bodi GSVR

  • agoey 5:28 pm on September 14, 2011 | # | Reply

    bener.. si HOhe gak ramah ma kamera…

    http://agoey.wordpress.com/2011/09/14/galeri-suzuki-satria-fu-biru-putih-2011-stiker-minimalis/

    • masTer Samidi O_O 12:50 pm on September 16, 2011 | # | Reply

      Disinyalir waktu kecil jarang dipotret-potret ma emaknya..jadi gak kenal kamera:mrgreen:

  • Terbukti ! Pembalap yang Bisa Menarik Sponsor Bakal Lebih Beruntung: Simoncelli Dapetin RCV Spek HRC di 2012! « ngobrolmotor 12:08 pm on September 28, 2011 | # | Reply

    […] Motegi: Para Pembalap D…uungferi on MotoGP Motegi: Para Pembalap D…rossifumi on MotoGP: Karakteristik Pembalap…rossifumi on Suzuki FXR: Spek Mantap tapi B…ValenTIEno46 on MotoGP Motegi: Para Pembalap […]


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: