Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 09:14:02 am on July 15, 2011 | 2
    Tags: , , ,


    Sirkuit Sachsenring...sumber :www.polepositiontravel.com

    Akhirnya Bridgestone menanggapi keluhan para pembalap dan tim di motoGP bro. Bridgestone beberapa waktu lalu dituding kualitasnya mulai menurun, terutama karena ban gak cepat mencapai suhu ideal ketika balapan. Dan hal itu diperparah apabila balapan berlangsung hujan atau campuran antara kering dan basah. Untuk balapan seri Jerman, Bridgestone sudah mempersiapkan beberapa senjata untuk para pembalap motoGP. Bridgestone bakal membawa konfigurasi ban yang unik, dengan ban depan berkompon keras dan ekstra keras, sementara ban belakang adalah ban dengan tipe asimetris berkompon medium/lunak dan keras/lunak. Kompon medium dan keras pada bagian belakang akan ditempatnya pada sebelah kiri, karena sirkuit Sachsenring memiliki banyak tikungan ke kiri. Akibatnya, sisi ban sebelah kiri akan menahan suhu yang lebih tinggi dan akan lebih cepat terkikis. So, pastinya membutuhkan kompon sisi ban sebelah kiri yang lebih tahan lama dibandingkan sisi ban sebelah kanan.

    Sirkuit Sachsenring diawali dengan dua tikungan lambat ke kanan, namun selanjutnya pembalap akan menghadapi rentetan tikungan kiri kecepatan tinggi dan akan diakhiri dengan backstraight (trek lurus sejajar dengan finis line, kemudian tikungan kiri terakhir harus dilahap pembalap sebelum mencapai trek lurus di finis line. Karaktersitik aspal Sachsenring juga sangat abrasi, menguras kompon ban. “Sachsenring adalah sirkuit dengan tantangan lebih untuk penggunaan ban. Pasalnya penggunaan ban akan lebih keras pada bagian kiri. Dimana temperatur cenderung panas dan kondisi aspal cenderung abrasif. Makanya kami mengalokasikan kompon ban keras dan ekstra keras pada bagian depan dan tipe asimetris medium dan keras pada bagian belakang,” jelas Hirohide Hamashima, asisten direktur motorsport Bridgestone. “Bagian medium dan keras pada bagian belakang ini akan bekerja keras dan kemungkinan banyak melakukan sliding. Dimana pada bagian kanannya kami alokasikan kompon lunak, karena tikungan ke kanan tidak terlalu menyiksa ban. Sementara bagian depan kami pilih keras dan ekstra keras agar resistensi dan stabilitas ban bisa terjaga hingga akhir ban bisa terjaga hingga akhir balapan,” imbuh Hamashima.

    Fyuh…semoga aja gak ada keluhan lagi tentang ban Bridgestone. Jadi pembalap bisa maksimal nggeber motornya. Soalnya, di Sachsenring besok, sirkuit ini sangat teknikal, artinya butuh motor, pembalap dan ban dengan kondisi prima agar bisa memperoleh hasil maksimal di sirkuit ini. Kalau tiga faktor itu gak maksimal (motor, pembalap dan ban) sisi kiri ban akan mengalami overheat, terutama ban belakang motor. Pluuusss…ditambah lagi ada prediksi kemungkinan hujan juga turun di Sachsenring. Walaupun kemungkinan itu kecil dan gak bisa dipastikan kapan hujan akan turun. Weeeww…benar-benar tantangan nih buat pabrikan ban asal Jepang ini!

    Sumber info:otomotifnet

     

Comments


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: