Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 03:47:28 pm on July 7, 2011 | 13
    Tags: , , , , ,


    Halo masbro…jumpa lagi, akhir-akhir ini kayanya berita motoGP dari mr. Samidi rada berkurang ya..ampe gak ngeluarin ulasan berita tentang balapan Mugello😦 huhu.. Sori bro, ane lagi rada sibuk jadi pembantu di rumah tetangga:mrgreen: Tapi ane berusaha menyuguhkan tulisan lagi kok bro, kali ini ane bakal mengulas tentang penggunaan mesin yang sudah dipakai oleh tiap pembalap sampai seri ketujuh balapan motoGP (Assen). Walaupun balapan sudah sampai seri 8 (Mugello), tapi data ini tetap menarik buat disimak kok bro…Tulisan ini cukup panjang, so ane bagi menjadi dua, pertama membahas tentang jatah mesin yang sudah dipakai oleh pembalap Honda dan Ducati.

    Seperti yang masbro semua tahu, tiap pembalap mendapatkan jatah mesin 6 buah untuk dipakai dalam satu musim balapan. Artinya, pembalap dan tim harus memiliki mesin yang kuat daya tahannya dan menggunakan manajemen penggunaan mesin dengan baik. Pembalap boleh kok pakai jatah mesin tambahan (mesin ketujuh dan seterusnya), tapi pembalap harus start dari pitlane apabila menggunakan mesin tambahan itu. Weleh…syaratnya berat bro…Ah, langsung aja disimak bro pembahasannya!

    Cara membaca tabel:

    Engine : Jumlah mesin yang sudah dipakai

    Sesi : Sesi yang ada di balapan (FP1, FP2, FP3, Kualifikasi, Warm Up Practice, Balapan Utama)

    Engine status:
    Active – Saat ini (sampai seri 7 Assen) sedang dipakai atau dipakai dalam dua balapan terakhir
    Unused – Mesin masi tersegel dan belum dipakai
    Withdrawn – Mesin sudah ditarik resmi dan tidak bisa dipakai lagi
    Shelved – Mesin sudah dipakai di banyak sesi tapi belum dipakai dalam setidaknya satu balapan penuh

    First Sess: Sesi Pertama mesin digunakan

    Last Sess: Sesi Akhir mesin digunakan

    Honda

    Honda memang sedang diatas angin kahyangan pada musim ini, terutama pada tim pabrikan. Manajemen penggunaan mesin mereka mantap abis bro…Di seri Assen (seri ketujuh), Stoner masih menggunakan mesin yang sama dengan yang dia pakai di seri pembuka Qatar. Stoner bahkan baru menggunakan jatah dua mesin sampai seri ketujuh di Assen. Pedrosa juga baru menggunakan dua mesin (karena dia cedera dan mesinnya gak dipakai). Hanya Dovi yang sudah menggunakan jatah tiga mesin sampai seri Assen, dan mesin terakhir aja baru dipakai di seri Assen. Pokoknya irit abis lah…Sebagai info bro, sistem perhitungan mesin yang dipakai ketika tim menggunakan pembalap pengganti seperti Aoyama yang menggantikan Pedrosa adalah sebagai berikut bro… Mesin yang dihitung adalah mesin yang digunakan oleh tim yang mengontrak pembalap, Artinya ketika Aoyama menggunakan mesin Pedrosa, maka jatah penggunaan mesin pedrosa berkurang. Sama halnya dengan Akiyoshi yang menggunakan motor Aoyama, si Akiyoshi artinya mengurangi jatah penggunaan mesin yang dimiliki oleh Aoyama. Dalam kata lain, mesin dialokasikan untuk tim, bukan untuk pembalap.

    Lain lubuk lain belalang, lain tim lain keadannya:mrgreen: Kalau di Ducati tim satelit bisa sedikit ongkang-ongkang kaki menggunakan mesinnya. Di tim satelit Honda, tim satelitlah yang sedang dihadapkan dengan kondisi penggunaan mesin yang mulai mefet. Aoyama dan Toni Elias sudah menggunakan jatah 4 mesin sampai seri ketujuh, sedangkan Simoncelli menggunakan jatah 3 mesin. Walaupun si kribo tukang nyeruduk ternyata lumayan irit mesin juga tuh….hihihihi…:mrgreen:

    Honda
    Team Repsol Honda
    Andrea Dovizioso
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 26 2 Active QAT-FP1 NED-WUP
    2 27 4 Active QAT-FP1 NED-FP1
    3 4 1 Active NED-FP2 NED-RAC
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Dani Pedrosa
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 22 4 Active QAT-FP1 NED-WUP
    2 18 1 Active QAT-FP1 NED-RAC
    3 0 0 Unused
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Casey Stoner
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 28 3 Active QAT-FP1 NED-WUP
    2 31 4 Active QAT-FP1 NED-RAC
    3 0 0 Unused
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Team San Carlo Gresini
    Hiroshi Aoyama
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 30 2 Shelved QAT-FP1 GBR-RAC
    2 12 2 Withdrawn QAT-FP1 POR-RAC
    3 20 3 Active FRA-FP1 NED-RAC
    4 3 0 Active NED-FP1 NED-WUP
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Marco Simoncelli
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 28 2 Shelved QAT-FP1 GBR-RAC
    2 33 5 Active QAT-FP1 NED-RAC
    3 3 0 Active NED-FP1 NED-WUP
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Team LCR Honda  
      Toni Elias  
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 34 2 Active QAT-FP1 NED-WUP
    2 18 3 Withdrawn QAT-FP1 POR-RAC
    3 7 0 Shelved FRA-FP1 CAT-FP2
    4 13 2 Active CAT-FP3 NED-RAC
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused

    Ducati

    Ducati mulai memasuki kondisi gawat darurat sampai seri Assen kemaren. Kalau tim satelit Honda mulai mepet jumlah mesin yang bisa digunakan, tapi pada Ducati justru tim utamalah yang mepet jumlah mesinnya. Rossi dan Hayden yang menggunakan mesin baru untuk mengakomodasi sasis baru justru jadi penyebab amburadulnya perencanaan mesin ditim utama itu. Seperti yang kita semua tahu bro…datangnya Rossi di Ducati menuntut pabrikan itu untuk merombak abis mesin mereka. Rossi lebih cocok dengan karakter mesin yang lebih lembut, harapannya agar motor menjadi lebih mudah dikendalikan. Namun, sampai seri ketujuh sudah berlangsung, permasalahan utama Ducati adalah di bagian sasis, terutama front end yang masih gak stabil. Dan apesnya, pada Ducati mesin merupakan bagian dari sasis! Artinya, untuk menggunakan sasis baru yang diharapkan menjadi obat sakit kaki nya, Ducati harus juga menggunakan mesin baru yang mendukung sasis itu! Itulah mengapa Rossi dan Hayden udah mepet menggunakan jatah mesin mereka dan memaksa mereka gak ikut test setelah GP Mugello kemaren. Sampai seri Assen (seri ketujuh) Rossi sudah menggunakan 3 mesin sedangkan Hayden menggunakan 4 mesin. Hayden menghabiskan mesin lebih banyak karena satu mesinnya sudah rusak ketika GP Portugal. Karena itulah Hayden baru bisa menggunakan GP11.1 dengan sasis dan mesin baru pada seri Laguna Seca, karena memang jatah mesinnya baru dapet pada seri itu. Dan Rossi juga lebih boros menggunakan mesin dibandingkan pembalap Repsol Honda dan tim satelit Ducati karena dia harus menggunakan sasis baru (yang hanya cocok dengan mesin baru juga)! Hmmmm…kompleks ya…

    Kondisi itu menempatkan Rossi pada posisi yang serba salah. Jatah mesin yang dipakai di GP11.1 kemungkinan besar habis sebelum musim 2011 ini berakhir. Artinya, ada balapan yang mengharuskan Rossi menggunakan GP11 kembali (karena menggunakan mesin yang lama) atau menggunakan GP11.1 (dengan mesin baru) yang mengharuskan dia start dari piltane! Bundet! Kaya benang kusut! Kodisi yang berbeda ada pada tim satelit Ducati. Tim satelit menggunakan jatah mesin mereka sesuai dengan jadwal. Tiap tim sudah menggunakan 3 mesin yang ketiga-tiganya aktif. Artinya, mereka tidak usah dipusingkan dengan kekurangan mesin pada akhir musim ini.

    Ducati
    Team Marlboro Ducati
    Valentino Rossi


    Engine
    Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 25 3 Shelved QAT-FP1 GBR-RAC
    2 27 2 Shelved QAT-FP1 GBR-QP
    3 4 1 Shelved CAT-QP GBR-WUP
    4 5 1 Active NED-FP1 NED-RAC
    5 3 0 Active NED-FP2 NED-WUP
    6 0 0 Unused
    Nicky Hayden
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 13 0 Active QAT-FP3 NED-WUP
    2 13 2 Withdrawn QAT-FP1 POR-FP1
    3 23 3 Active POR-FP2 NED-RAC
    4 4 2 Active CAT-QP GBR-RAC
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Team Pramac Ducati
    Randy de Puniet
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 24 1 Shelved QAT-FP1 GBR-FP2
    2 27 7 Active QAT-WUP NED-RAC
    3 5 0 Active GBR-FP3 NED-WUP
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Loris Capirossi
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 29 2 Active QAT-FP1 NED-FP2
    2 27 2 Active QAT-FP1 NED-QP
    3 5 2 Active CAT-QP GBR-RAC
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Team Mapfre Aspar
    Hector Barbera
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 31 3 Shelved QAT-FP1 GBR-QP
    2 29 4 Active QAT-FP1 NED-WUP
    3 5 1 Active GBR-WUP NED-RAC
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused
    Team Cardion AB
    Karel Abraham
    Engine Sessions Races Status First sess. Last sess.
    1 30 3 Active QAT-FP1 NED-RAC
    2 29 2 Active QAT-FP1 NED-QP
    3 5 3 Active CAT-WUP NED-RAC
    4 0 0 Unused
    5 0 0 Unused
    6 0 0 Unused

    Bersambung di seri 2 (Yamaha dan Suzuki)

     

Comments

  • Mercon C Part 3 5:07 pm on July 7, 2011 | # | Reply

    Pertamax,,,, cuma blog ini yang ulasan MotoGP nya paling lengkap dan komplit

  • ÅHM = asli honda mahal a.k.a. OPER PRESSS 5:10 pm on July 7, 2011 | # | Reply

    Wkwkwk

  • Mercon C Part 3 5:23 pm on July 7, 2011 | # | Reply

    mantapp,,, ada pertannyaan
    1. apa bisa mesin yang udah “withdrawn” atau rusak diperbaiki trus dipake lagi ??
    2. apa ada batas waktu penggunaan mesih?? misal di GP qatar di pake, trus di valencia dipake lagi??

    • masTer Samidi O_O 2:58 pm on July 8, 2011 | # | Reply

      1. mesin yang udah “withdrawn” tentu aja gak boleh dipakau lagi dong bro…kalo boleh diperbaiki n dipakai lagi ntar gak ada pembatasan mesin dong namanya:mrgreen:
      2. Pabrikan pembuat mesin yang tahu batas penggunaan mesin, kayanya regulasi gak membatasi hal itu. Semakin bagus daya tahan mesin yang dibuat, semakin menguntungkan bagi pembalap, karena bisa makai mesin itu berkali-kali. Tapi itu susah bro…ketahanan mesin berbanding terbalik sama power yg dihasilkan. Misal, mesin yang ringan, RPM sangat tinggi, pastinya lebih gak tahan dibandingkan mesin yang RPM nya lebih rendah. Karena itu dibutuhkan racikan yang bener-bener pas…agar mesin kenceng plus punya daya tahan tertentu, paling gak tahan dipakai beberapa seri…kalo gak salah beberapa waktu lalu preziosi atow mekanik Ducati lainny bilang kalau mreka lagi ngetest mesin buat tahun depan dengan target daya tahan beberapa ribu kilometer…na, beberapa ribunya itu yg ane lupa:mrgreen:

      • Mercon C Part 3 7:20 pm on July 8, 2011 | # | Reply

        wokelah kalo begitu,,, ditunggu tulisan berikutnyahh😉

    • aTiPC 4:10 pm on July 8, 2011 | # | Reply

      memperbaiki & memakai kembali mesin yg sdh “withdrawn” atau rusak, msk dlm kategori “engine rebuilding”, yg menurut regulasi motoGP (artc.2.3.7.3) akan diperlakukan sbg “new engine” dlm alokasi/kuota mesin.

  • Mercon C Part 3 5:25 pm on July 7, 2011 | # | Reply

    ijin share yaa, ditunggu yamaha dan suzuki nya

  • Kuro.Shiro 9:42 pm on July 7, 2011 | # | Reply

    Kompor detected, tadinya kukira cuma para komentator dan Fansboy yang bisa lempar lpg 3kg, Stoner juga juga ngompor-ngomporin loh wekekekek.

    http://www.detiksport.com/read/2011/07/07/204322/1677006/81/stoner-yamaha-menang-berkat-rasa-pede-pembalap-bukan-motor?88110469

    aciiiik Motogp 2011 tambah gayeng

  • sugiedane 9:40 am on July 8, 2011 | # | Reply

    Wuiiis Baru tau Saya Kalau ada Peraturanya Kayak Begitu manteb dah Nambah Pengetahuan, trus Update YAmaha & SUzukinya Kapan…..:D😀 ngarep.com😀😀

  • Penggunaan Mesin Tiap Pembalap MotoGP Sampai Seri Assen Belanda (Seri 2: Yamaha dan Suzuki) « ngobrolmotor 11:50 am on July 8, 2011 | # | Reply

    […] Uncategorized ← Penggunaan Mesin Tiap Pembalap MotoGP Sampai Seri Assen Belanda (Seri 1: Honda dan Ducat… […]

  • yudibatang 4:54 pm on July 8, 2011 | # | Reply

    Di..Samidi..Mesin yang sudah gak dipakai ditarik oleh panitia? apa ditarik pabrukan pemilik mesin dg diawasi panitia? apa ditarik terus dikiloin?:mrgreen:

    • masTer Samidi O_O 5:09 pm on July 8, 2011 | # | Reply

      Hehe..dikasih cat kuning, kalo ketauan dipake lagi ntar disemprit!:mrgreen:
      Teknisnya ane gak tau bro..tapi yg jelas peraturannya pasti ketat, gak bisa “main-main”. Lha ini, mesin yang lagi dipakaimesin yang mana aja kita bisa tau..iya ora…?bener mbok…

  • Angga 6:00 pm on July 8, 2011 | # | Reply

    Artikel mantab bro!


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: