Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 08:10:27 am on July 1, 2011 | 5
    Tags: , , ,


    Ngelanjutin tulisan ane sebelumnya bro…nih ane sajikan perubahan-perubahan YZR M1 pada tahun 2008-2011. Monggo langsung disimak bro…

    2008
    Setelah memperoleh hasil yang mengecewakan di tahun 2007, Yamaha mengubah sasis M1 secara besar-besaran di tahun ini, termasuk perubahan di rigiditas (kekakuan) sasis, geometri sasis, wheelbase, distribusi center-of-gravity berdasarkan tinggi dan bobot motor (dan tentu saja penggunaan ban Bridgestone). Mesin menggunakan katup pneumatik untuk menghadapi kekejaman teknologi desmodromik yang pernah dibahas sebelumnya. Keuntungan dari penggunaan katup itu adalah mesin yang lebih ringan, tenaga yang meningkat sebesar 12% dan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien sebesar 6%. Mantap kan bro..gak heran kalau di tahun 2008 Vale sengadalawan!

    Penampakan M1 dari tahun 2008-2011

    2009
    Mengingat tahun 2008 M1 sudah superior, target pengembangan selanjutnya adalah meningkatkan stabilitas dan daya tahan mesin. Hal ini dilakukan karena peraturan baru di tahun 2009 yang membatasi penggunaan mesin dan ban yang digunakan dalam balapan. Dari sisi teknis, perubahan yang dilakukan adalah perubahan kekakuan sasis (lagi), aerodinamis yang dipermulus serta pengurangan gesekan yang timbul di airbox dan fuel system. Sasis diubah sedikit dengan memperpanjang wheelbase dan menempatkan posisi rider lebih ke depan. Untuk meningkatkan daya tahan mesin, digunakan CAE (Computer-Aided Engineering), yang membantu mekanik mengetahui penurunan temperatur yang didapat oleh piston dalam kondisi-kondisi tertentu. Whellie control system dimodifikasi lebih lanjut agar sistemnya bisa mengontrol sok depan ketika ban depan terangkat.

    2010

    Pengembangan M1 pada tahun 2010 dilakukan untuk meningkatkan hubungan antara pembalap dan mesin agar lebih mesra:mrgreen: (bahasa enggrisnya sih “man/machine collaboration” bro:mrgreen: ). Keseimbangan dan kekakuan sasis kembali diubah, selain itu aerodinamis juga diubah untuk meningkatkan sistem pendinginan mesin. Gyro sensors digabungkan dalam paket elektronis mesin untuk meningkatkan kemampuan wheelie dan traction control. Ketahanan mesin kembali ditingkatkan dengan target usia mesin 2000km!

    2011

    Sebenernya Yamaha lagi mengembangkan tenaga api buat M1 biar tambah ngacir....

    Walaupun seri ini belum selesai dan belum ada penjelasan teknis dari Yamaha mengenai sektor apa saja yang diperbaiki di M1, ane menduga titik fokusnya lagi-lagi ada di daya tahan mesin. Yamaha sudah pede dengan kemampuan mesin nya, dan harus mulai meriset mesin 1000cc untuk tahun 2012. Dan mengingat mesin M1 Lorenzo pernah terbakar di GP Jerman 2010, maka daya tahan mesin memang satu hal yang penting bagi Yamaha. Sedangkan sasis…sepertinya Yamaha tetap menyempurnakan sasis mereka, terbukti dari tahun 2004-2010 perubahan kekakuan sasis selalu dilakukan oleh Yamaha.

    Oke bro…demikian liputan dari Chief Mechanic Samidi…semoga berguna. Kalo seneng, monggo disimpen, di sprint:mrgreen: , atow dikopi juga boleh (asal nyebutin sumber ya..heheh..biar Samidi jadi eksis:mrgreen: ). Hehehe…

    Eh…ada yang ketinggalan bro..Yamaha selalu melakukan pengembangan di sektor kekakuan sasis. Emang sepenting apa sih hal itu? Tunggu di artikel-artikel selanjutnya bro…plus analisisnya dengan sasis Ducati…woa..woa…woa…so..tunggu tanggal mainnya..

    Ciao…salam baut slek dari Chief Mechanic Samidi!

     

Comments

  • Mercon C Part 3 9:17 am on July 1, 2011 | # | Reply

    oiya, sebenernya termignoni ama akrapovic tu bagusan mana ya?

    • L 10:20 am on July 1, 2011 | # | Reply

      setau ane bagusan termignoni, gan…
      akrapovic lebih dikenal di kalangan SBK…
      mungkin gara2 ditinggal rossi ma sponsor, yamaha jadi gak bisa beli knalpot OK….
      kacian….

  • ♫♪♫♪ 7:30 pm on July 1, 2011 | # | Reply

    kasian randy de puniet kena getahnya m1

  • Petter Tesla 10:57 pm on July 12, 2011 | # | Reply

    mantab bro…

  • Metallica 12:20 am on May 25, 2012 | # | Reply

    Good Artikel Bro.. kekeke..


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: