Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 05:13:17 pm on June 23, 2011 | 25
    Tags: , , , ,


    Ssssttt..ane datang lagi nih bro…hihihi…jangan bilang-bilang, karena artikel kali ini bakal mbahas contek-contekan di motoGP! Panaass….Kerja keras tahunan dicontek dengan gampangnya sama tim lain..dan kadang tim lain yang menang! Tapi apa memang beber begitu??? Mari kita obrolin bersama bro..komentar pedes dipersilakan..mau naroh tabung gas LPG atow tabung gas Metana atow tanki gas SPBU monggo aja..:mrgreen: Sebenernya kisah contek-mencontek sudah terjadi sejak dulu bro. Yuk kita obrolin barang buktinya!

    Hayoooo.....hmmm...

    Barang Bukti Pertama: Katup Pneumatik

    Jenis katup ini sebenernya lebih dulu dipake di balap F1. Katup pneumatik memanfaatkan gas buat membuka dan menutup klep mesin. Sistem ini sangat unggul bagi mesin performa super kaya di F1 dan motoGP, karena mesin-mesin itu bekerja dengan putaran yang sangat tinggi sehingga membutuhkan buka tutup klep yang super cepat dan super presisi. Tapi, dulu di awal pengembangannya, sistem katup ini susah diaplikasikan ke mesin motoGP, karena membutuhkan tempat buat nampung tabung gas dan tenaga yang dihasilkan justru terlalu gede dan sulit dikendaliin! Pada tahun 2002 Aprilia mencoba menggunakannya..tapi gak pernah sukses… Sistem katup ini baru naik daun di tahun 2007 ketika M1 Yamaha keok sama Desmosedici yang menggunakan sistem katup Desmodromic. Sekarang? Semua motor kecuali Ducati pakai pneumatik …So..siapa yang mencontek? Honda dan Yamaha nyontek Aprilia? Atow karena Ducati gak bisa dicontek? Karena Desmodromik adalah khas dan punya Ducati…gak boleh dicontek sama pabrikan lain? Di kasus ini Ducati original bro…

    Barang Bukti Kedua: Lengan Ayun

    Ini nih..barang bukti yang masih bersimbah darah:mrgreen: GP11.1 bakal make sasis GP12. Dan masbro semua tau kalo sasis GP12 tu pake sistem suspensi belakang yang mirip dengan sistem suspensi motor jepang! Hayooo…priiitt..kamu ketauan…:mrgreen: Yah..penyakit Ducati di bagian rearend emang masih parah bro. Dan salah satu obatnya adalah dengan menghubungkan suspensi belakang ke sasis motor. Seperti yang ane bahas di sini. Mau gimana lagi..dibilang nyontek ya emang kaya gitu sistemnya…dan Rossi n Burgess terbiasa dengan sistem itu sejak mereka di Honda awal tahun 2000an. Hmmm..di kasus ini Ducati gak bisa mempertahankan orisinalitas desain suspensi khas Ducati yang hanya nyantol di mesin….

    Barang Bukti Ketiga: Sistem Transmisi Ducati dan Honda

    Di tahun 2011, girboks Honda jadi bintangnya. Sistem yang dikembangkan Honda itu dipercaya punya andil besar dalam kedigdayaan RCV di tahun 2011. Bahkan banyak yang percaya kalau sistem itu bisa memangkas waktu nol koma sekian detik! Girboks itu bikin pabrikan lain garuk-garuk kepala…bukan garuk-garuk pantat (kecuali otaknya di pantat:mrgreen: ) Dan cuma butuh enam seri aja buat Ducati untuk meluncurkan sistem transmisi tandingan, dengan nama Ducati Seamless Transmission. Hmmmm..hayooo..ketauan lagi…pak guru..pak guru…ni Ducati nyontek Honda lagi!!! Masa sih…?? Emang sistemnya sama? Buat info aja bro..di awal tahun 2000an Ducati udah mengembangkan sistem transmisi cuma dengan pencetan buat mengganti presneling di motor superbike mereka. Tapi sayang..regulasi gak mbolehin teknologi itu👿 !

    Barang Bukti Keempat: Body YZR M1 2008

    Mbulet versus lancip...RCV 2007 paling sip menurut ane....

    Ni barang bukti udah rada hampir masuk gudang barang bukti bro..tapi masih keliatan bercak darahnya kok😎 Gini bro…kecepatan M1 di tahun 2007 ketinggalan jauh ma GP7. Salah satunya disinyalir karena GP7 lebih aerodinamis…bodinya lebih enak buat mbelah angin di kecepatan tinggi. Desain bodi GP7 dan M1 2007 bagai bumi dan langit…M1 lancip-lancip menyudut, keren..khas Yamaha. Sedangkan GP7 bulet-bulet lonjong khas Ducati. Dan..jreng jreng jreng..pada tahun 2008 M1 tampil dengan bodi yang membulat..hufff..beda jauh dengan M1 dipake Rossi sejak 2004-2006. Jujur aja..ane sih paling suka M1 di tahun-tahun itu..masih lancip, gak membulat-bulat. Kalo masalah desain bodi, menurut ane yang paling orisinal adalah Honda, coba ingat-ingat RCV 2007! RCV tahun 2007 tampil buntut pendek bgt bro..beda..lain dari yang lain..kaya khas motor fighter! Tapi sayang …desain itu Cuma bertahan setahun doang…

    Barang Bukti Kelima: Mesin V5 Kenny Roberts

    Kenny Roberts dengan mesin V5 racikan sendiri

    Masih ingat Kenny Roberts? Kenny Roberts Sr. pernah punya tim motoGP, dengan mengandalkan mesin racikan sendiri…di tahun 2005 Team KR memakai mesin V5 bikinan mereka sendiri. Dan mereka terang-terangan bilang kalau mereka nyontek Honda. Menurut Kenny Roberts Sr., desain V5 adalah desain mesin yang terbaik dari segi bobot mesin dan tenaga yang didapatkan. Tentu aja mereka ngedesain dari awal dong..gak bisa bikin mesin yang persis sama dengan RCV…Dan hasilnya adalah…GATOT..alias Gagal Total…di tahun 2006 mereka beli mesin RCV kiloan dari Honda:mrgreen:

    Hehehe…gimana bro..banyak kan barang buktinya…kayanya bukan rahasia lagi dan bukan hal yang tabu bagi pabrikan buat mengekor teknologi yang dipakai di motor kompetitor yang lebih unggul! Ingat bro..semua teknologi yang ada di motoGP sangat dijaga kerahasiaannya. Plus, desain mereka pastinya dilindungi oleh hukum dan regulasi. Tim lain gak bisa seenaknya pencet Ctrl+C dan Ctrl V mentah-mentah. Soo..kesimpulannya apa bro…di dunia balap ada satu tujuan pasti, bagaimana bikin motor kenceng! Masalah gimana bikin motor itu kenceng, desain mesin, desain bodi berpatokan pada diri sendiri atow ngekor kompetitor….bukan masalah. Selama gak melanggar ragulasi yang ada dan selama gak mencuri teknologi tim lain. So…apakah masih ada yang dicurigai mencontek….:mrgreen: ? Pak guru Samidi mengawasi looooo….

     

Comments

  • one08 5:33 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    dibilang nyontek pasti gak mau, pasti dibilangnya mirip!😀

  • 46 5:54 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    Di FP 1 Essen rossi ke2 brow…GP11.1 emang handalan tu baru racikannya 46 brow..

    • iip 6:07 pm on June 23, 2011 | # | Reply

      kalau rossi hasil kualifikasinya bagus, race nya juga ga jelek, tafi kalau jelek kualifikasinya, hasilnya tetep aja buncit….hi….

    • masTer Samidi O_O 11:22 pm on June 23, 2011 | # | Reply

      Yoi bro..sip..makasih beritanya ya😉 mantap lah….

  • inno46 6:32 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    Rossi the :winner:

  • rizkye1922 7:19 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    Keren motornya bro

  • Ferdian Nasrullah 8:21 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    motogp saat ini bukan hanya perang kecepatan bro… tapi juga perang teknologi…

  • ganz 9:24 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    M1 2007 kalah kecepatan dr GP7 bukan krn faktor aerodinamis bro sam..
    tapi lebih ke sistem katup konvensional yg inferior dibanding desmodromic yg bisa lbh kuat di high rpm,

    • masTer Samidi O_O 11:25 pm on June 23, 2011 | # | Reply

      Benul bro…di tahun 2007 Yamaha emang ketinggalan dalam riset teknologi mesin nya..mungkin karena tahun sebelumnya mereka berkutat dengan sasis yang kena chattering dan belum siap dengan perubahan ke mesin 800cc..jadi ketinggalan teknologi katup deh…kalo bodi menurut ane emang bukan faktor utama..faktor pendukung aja..tapi bagi tim balap kalau ada pilihan yang lebih bagus di faktor pendukung , kenapa gak dicoba (ditiru:mrgreen: ) yang penting motor tambah ngacirrrr……

  • Jreenk 9:40 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    NAH KETAUAN DAH PNYAKITNYA Desmosedici UNTUNG ADA THE DOCTOR
    AK YAKIN PASTI SEMBUH….. VR46 BAKAL NAIK PODIUM I….

  • ipanase 9:50 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    copy paste

  • Win Baguss 10:41 pm on June 23, 2011 | # | Reply

    nih artikel paling keren mister
    share via fb ya
    per kilo mesin rcv brp duit ya

    • masTer Samidi O_O 11:28 pm on June 23, 2011 | # | Reply

      Sip lahhh..silakan dishare ampe belahan dunia lain gpp bro..dunia alam gaib juga boleh…:mrgreen:
      Ssssttt..jangan bilang siapa-siapa tapi ya…RCV kiloan tu transaksinya di belakang bengkel bro…dan beli nya pas maghrib-maghrib..masalah harga mah nego lah…kalo lagi BU alias Butuh Uang juga bisa digoyang dikit harganya….😳

  • Mercon C Part 3 1:01 am on June 24, 2011 | # | Reply

    wow, analisa yang hebat, sayangnya saya baru ngikutin motoGP di tahun 2009, btw, kalo dibilang contek menyontek sih merek gak bakal mau ngaku, enaknya dibilang ‘Terinspirasi’

  • say no to BC 7:34 pm on June 24, 2011 | # | Reply

    Paragraf Kenny robert dg mesin V5 bikinan sendiri.

    Bhuakakakakkk… Asli ngakak njungkel2 tambah guling2….(ga pake ngompol)

    Asli lucu, ane emang bacanya pelan2 banget mbil hayati intinya. Kirain di inti endingnya contekan KR (bilang terang2an nyontek Honda) berhasil eh.. taunya akhirnya beli rcv kiloan…glodagh……..

    Artikel keren mister… Paling enggak bisa buat pembelajaran buat yg asal bilang merk A contek B ato merk B contek A.
    Pointnya yg penting tidak melanggar regulasi, kalo bermanfaat knp tidak ikut ngembangin,secara bukan nyuri technologi misal tinggal copy/paste.

  • say no to BC 7:55 pm on June 24, 2011 | # | Reply

    kalo begini caranya apa masih mau ngangkutin kompor,lpg,tnt. Xixixi

  • Metallica 1:29 pm on June 28, 2011 | # | Reply

    Artikel yg mantep mas broo..
    Satu lg tolong dung dibahas mengenai rangka yg memeluk mesin Yamaha M1.. Sy baca di artikel Mang Jana “Yamaha M1 dari tahun ke tahun” dikatakan waktu rossi dan burgess bru pindah dari Honda ke yamaha.. Ngeliat geometri rangka mesin M1 ga bagus.. Mesin seperti menggantung.. Lalu diberi masukan agar rangka mesin diperpanjang dan kemudian rangka seperti memeluk mesin agar geometrinya bagus. Itu gimana kebenarannya menurut Mas bro Samidi.??? trims.

    • masTer Samidi O_O 4:05 pm on June 30, 2011 | # | Reply

      Mas James Hatfield..itu sudah saya tulis tentang pengambangan M1 dari masa ke masa, tapi kalo tentang rangka memeluk mesin ane gak nemu referensinya…Sad but True bro…:mrgreen: dibaca aja artikel ane ttg pengembangan M1, bakal ada hubungannya ma pengembangan Desmosedici kok😎
      Salam Kirk Hammet mas…ane juga penggemar kok…Hell Yeah😎

      • Metallica 12:09 am on May 25, 2012 | # | Reply

        oke sip Bro !!! Hell yeah, wekeke…
        ntar aku liat artikel2 sampeyan yang lain.

  • Pengembangan YZR M1 Dari Masa ke Masa (2008-2011) Seri 2 « ngobrolmotor 8:12 am on July 1, 2011 | # | Reply

    […] Bridgestone). Mesin menggunakan katup pneumatik untuk menghadapi kekejaman teknologi desmodromik yang pernah dibahas sebelumnya. Keuntungan dari penggunaan katup itu adalah mesin yang lebih ringan, tenaga yang meningkat sebesar […]

  • Ngobrolin Swingarm, Elektronik dan Mesin baru Ducati…. « ngobrolmotor 11:14 am on May 25, 2012 | # | Reply

    […] Terus, gimana kabarnya dengan mesin yang katanya mau berubah sudut silindernya? Hohoho…masih ada kok bro…tenang aja…artikel ngobrolmotor kalau lagi mood bisa panjang lebar…gak tanggung Masalah mesin dengan sudut baru, sepertinya kemungkinan besar gak dilakukan oleh Ducati bro. Disinyalir Ducati masih bisa mengendalikan power mesin melalui intervensi elektronik. Bahkan broo…disinyalir sistem elektronik Ducati yang baru lebih menyerupai dengan sistem yang digunakan oleh Honda dan Yamaha! Elektronik baru Ducati itu bahkan mengubah sistem injeksi bahan bakar yang selama ini digunakan. Makanya siiih….baru-baru ini Burgess bilang kalau sistem elektronik yang digunakan adalah benar-benar konsep yang baru bagi Ducati. Hayoo…gak usah jumawa dulu FBH dan FBY…karena tiru meniru di MotoGP itu hal yang wajar…kaya yang ane tulis di artikel ini. […]

  • az3angle 3:14 pm on May 25, 2012 | # | Reply

    keren neh….info yang lama banget….

  • i wayan primara 3:58 pm on August 17, 2015 | # | Reply

    cam dengan noken masih menekan klep untuk buka tapi menutup pake pneumatic springs yang dulu pake pir spiral cmiw

  • ira satryana 9:24 am on October 6, 2016 | # | Reply

    Mengenal dunia motogp, artikel mas..jd acuan sy
    keren!! Tq mas.


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: