Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 12:56:17 pm on May 4, 2011 | 16
    Tags: , , ,


    Kayanya baru minggu kemaren ada berita kalau Suzuki mau memproduksi  GW 250 di Indonesia tapi bakal dijual di Eropa di tahun 2011 atau 2012. Banyak blogger dan juga bikers yang panasss denger berita itu. Apa-apaan coba..emang pasar Indonesia pasar cemen…? Kok ampe segitunya gak berani masarin tu motor di Indonesia! Naaa..setelah ane semedi di pojok kamar ampe meriang…ana kayanya mencoba ‘sedikit bijaksana’ memposisikan diri kalo ane adalah Suzuki Indomobil. Hihihi…

    Coba kenapa gak dijuaalll...? Baca aja broo...🙂

    Pertama, yang diprioritaskan buat Suzuki Indomobil adalah profit alias keuntungan. Untung ga jual tu motor di Indonesia !? Karena ga dipasarin, berarti kita bisa menganggap GW 250 gak menguntungkan dipasarkan di Indonesia. Kenapa? Ada beberapa alasan:

    • Satu, Pasar motor sport sebenarnya adalah pasar yang kecil di pasar otomotif roda dua Indonesia. Diambil dari detikcom pada bulan Februari, pasar motor sport Indonesia hanyalah sebesar  8.25%, dibandingkan dengan motor bebek sebesar 40.93% dan skuter sebesar 50.83%. Oke, mungkin persentase itu udah berubah sampai bulan Mei 2011 ini. Tapi ane yakin, perubahan itu gak gede-gede amat. Na..dari  persentase pasar motor sport tersebut, kue motor sport masih harus dibagi buat Honda, Yamaha, Bajaj, Kawasaki, TVS dan Suzuki sendiri. Bisa dibilang kue kecil buat banyak pabrikan lah… Dari persentase pasar ini sendiri, bisa jadi Suzuki udah babak belur karena cuma punya Thunder 125. Bisa dibilang saat ini dia udah lempar anduk di pasar motor sport. Suzuki ga menganggap pasar itu menguntungkan..mending main di bebek dan skuter…
    • Dua, Pasar 250 cc adalah pasar yang terbilang baru buat konsumen otomotif Indonesia. Oke, dulu memang Suzuki pernah punya Thunder 250 tapi dia main sendiri dan akhirnya gagal. Pasar itu terbuka lagi setelah Kawasaki dengan berani memperkenalkan Ninja 250 secara resmi. Dan ternyata jualan motor seperempat liter cukup prospektif. Sampai akhirnya AHM juga ikut terjun di pasar itu. Tapi ingat..Kawasaki dan Honda bermain di 250 sport ber-fairing, bukan naked.

    Spek Ninja 250, CBR 250 dan GW 250

    Sori bro..kemaren ada yg salah ttg jumlah silinder...kebanyakan semedi ampe ngantuk...tapi tetep..ngelihat prediksi performa mesin aja GW bisa kalah sebelum bertanding

    • Tiga..liat aja tenaga mesindiatas bro…tau sendiri orang Indonesia..yang diomongin tenaga..bobot..torsi…jumlah silinder..Kok ane yakin..GW 250 cuma jadi bual-bualan kalo mau tarung ma mereka berdua (dilihat dari kesamaan mesin).
    • Empat, Dari desain naked itu, konsumen Indonesia (hampir pasti) akan membandingkan GW 250 dengan Tiger, Scorpio, Pulsar, atow bahkan Byson dan Vixion. Ya tau sendiri lah..kebanyakan konsumen Indonesia belum begitu paham tentang jenis-jenis motor dan bisa jadi hanya membedakan motor sport dalam dua golongan: berfairing dan ga berfairing… Kalo GW 250 emang dipasarin, apes lah buat Suzuki! GW 250 pasti harganya jauh lebih mahal dari motor sport tanpa fairing dengan cc lebih kecil. Konsumen Indonesia gak bakal beli itu karena dianggap harganya gak masuk akal!

    “Ini sedikit mirip dengan Ninja 250 yang dipaksa tarung dengan CBR 250 walaupun banyak yang ngomong dua motor itu beda spesies. Naaa kalau GW 250 benar-benar dipasarin di Indonesia, SANGAT MEMUNGKINKAN dia akan dipaksa dibandingkan ma Ninja 250 dan CBR 250 (Cuma dari sisi kapasitas mesin)  dan dibandingin ma Tiger, Scorpio, Pulsar, atow bahkan Byson dan Vixion (Cuma dari tampang motor yang gak berfairing) !!!

    • Lima, dari segi desain. Ayo..jujur aja..gak usah terlalu emosi karena gak dipasarin di Indonesia. GW 250 menurut ane sendiri desain nya biasa-biasa aja..gak ada yang spesial. Mau dibilang motor naked juga biasa aja..kaya motor yang dulu-dulu. Padahal kita tahu sendiri desain yang keren dan inovatif adalah salah satu pintu masuk agar diterima pasar. Kalo dibilang GW 250 itu turunan nya B King..ya bisa jadi blunder juga. Lha wong majalah Fast Bike aja ngecap B King adalah salah satu motor yang gagal dari segi desain kok!

    Mbah nya aja dicap culun!!!!

    Sekian bro…itu hasil semedi ane semaleman di pojok kamar…semoga bermanfaat dan bisa menjelaskan kenapa GW 250 gak dipasarin di Indonesia… Monggo didiskusikan kalo menarik..dikoreksi kalo ada yang salah..di share biar masbro lain pada tahu n tambah rameee….

     

Comments

  • Basho 6:05 pm on May 4, 2011 | # | Reply

    Hehehe….bener juga sih bro logikanya. Yah harap dimaklumi aja bro, konsumen awam seperti saya, kadang2 suka banding2in motor sesukanya:mrgreen:
    Jangankan konsumen awam seperti saya, blogger aja logikanya kadang2 suka ngga masuk akal kok:mrgreen:
    Peace yoooo:mrgreen:

  • earp 7:38 pm on May 4, 2011 | # | Reply

    Kalo begitu keluarin yang 150cc / 200cc aja ya Suz, jangan kayak thunder125 lagi ya desainnya, yang kaya gitu ya emang nggak bakalan laku…

  • shilla 9:19 pm on May 4, 2011 | # | Reply

    kwkwkwkwk…
    boleh juga tuh..

  • catur 6:50 am on May 5, 2011 | # | Reply

    wah, hasil semedi yang mantap..klu gitu doain dah gak keluar dimari..lagian dari tampilan gak up to date banget..FXR itu loh top markotop!!!

  • masbe 10:51 am on May 5, 2011 | # | Reply

    ada yang bilang GW 2 silinder bos

    • masTer Samidi O_O 12:00 pm on May 5, 2011 | # | Reply

      Ouch😳 …betul bro..ane lupa kalo ada yg nyebutin mesin nya 2 silinder ..jadi koreksi ya bro..:mrgreen: Komparasi diatas sumber nya ini bro…

  • wombie 6:43 am on May 6, 2011 | # | Reply

    ya blm tentu jg mas bro,.. banyak kok usia2 “dewasa” yg pengen motor keren tapi kl make EX250 ato CBR250 terlalu alay n pegel.. n tren sekarang banyak EX250 yang dibongkar fairingny bwt dimodif ala streetfighter. tp kl subjektif bwt gw ya gk suka ma desainnya..

    • masTer Samidi O_O 1:07 pm on May 6, 2011 | # | Reply

      hihihi…gak suka ama desain nya jg ya bro…:mrgreen:
      emang bro..ada segmen “dewasa” yang kaya bwo wombie maksud..tapi menurut ane jumlahnya keciiilll bgt…sampe ga sebanding buat biaya adminstrasi..pemasaran..dukungan lain lain bla bla bla..ditambah kondisi suzuki yang kurang mendukung sekarang bro…jadi terlalu beresiko kalo mau ngambil segmen usia “dewasa” itu bro..itu opini ane😉

  • Reza 2:53 pm on May 6, 2011 | # | Reply

    kog single cylinder????
    tu bolongan knalpot aja 2

  • mochyuga 2:54 pm on June 13, 2011 | # | Reply

    kalo dari awal selalu mikirin profit & profit, berani tarohan deh, selamanya suzuki bakal sulit nguasain pasar😦 lha wong profit itu dapatnya setelah produk laku, gimana tau laku enggaknya kalo ga dipasarkan ? heheheheeh

    • masTer Samidi O_O 7:34 pm on June 13, 2011 | # | Reply

      Hehehehe..betul sekali..tepat… Paling gak butuh riset produk n pemasaran yang bener-bener bisa diandalkan buat memastikan kesuksesan produk..!

  • 3do 9:51 am on October 16, 2011 | # | Reply

    Hahahaha! Kayaknya perform dari gw gak begitu jelek bgt bro ingat bahwa suzuki itu punya motor yg melegenda bandit sampai sekarang masih banyak yg nyari sya rasa gw bs berhasil di pangsa pasar indonesia buktinya saja gsx 250 alias thunder 250 yg di katakan gagal justru sekarang banyak di cari para penggemar suzuki yg udah kangen bgt ame yg namenye suzuki 250 yg baru kita tunggu2 sekarng bukan sekedar omong doang belaka tapi liat aja harga gsx 250 yg melambung tinggi harga sekennya bro ane yg uda buktiin sendiri gsx 250 ane. Uda banyak di tawar sampe harga mento 27.5 jt belum ane leapas karna ane mau tunggu produk.baru suzuki asal bermain di kelas 250 dan jgn lup 2 silindir di tambah harga bisa bersaing anerasa suzuki bisa mengambil alih lagi hati dari para pecinta otomotif motor sport di indonesia terima kasih

  • wendakalubis 7:21 pm on October 25, 2011 | # | Reply

    Wah gak juga masbro, untuk seorang rider pecinta touring justru GW250 SOHC 2 silinder sudah bisa disebut layak sebagai motor touring sejati (untuk ukuran Indonesia ya!). Jangan lupa masbro berapa persen dari pembeli Ninja 250 merupakan orang yang menginginkan motor naked multi silinder, karena keterbatasan dana dan tidak adanya pilihan motor naked ya milih N250 toh! Justru motor naked jauh bisa diterima dibanding fairing… Meskipun dua silinder disinyalir harga jual GW250 bisa ditekan sampai di bawah harga CBR250… Terus terang, bagi saya motor jenis ini sasaran untuk naik kelas😀

  • johan 7:31 pm on October 27, 2011 | # | Reply

    keren, kalau keluar pasti laku keras

  • eddy 5:20 pm on February 28, 2012 | # | Reply

    jaminan. kalo harganya seimbang atau hanya terpaut dikit ama tigi,vixi,migi,dan biji, para suzier akan makin royal. harga tersebut untuk menjaga kemungkinan dari kompetitor lain mengeluarkan motor yg lbh murah dari 40jeti. jujur aja agan2. gimana kl harga gw250 di kisaran 20-27? pasti pada ngantreee…xexexe….terlalu murah? jangan salah, setelah pasar bicara, harga otomatis akan terkoreksi UP. merusak pasar? hla itu trik pemasaran kok. peduli amat suara sumbang kompetitor.


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: