Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 11:08:25 am on April 19, 2011 | 29
    Tags: , , , ,


    Hehehehe….bisa-bisanya bilang begitu?! Ane bukan seles Honda kok..bukan juga pendukung salah satu pabrikan. Ane berusaha ngasih alternatif strategi yang bisa diambil oleh KMI. Ane coba tulis dari sudut pandang pemasaran…

    Dua makhluk yang dipaksa bertarung...

    Dari desain , sebenernya Ninja250 dan CBR250 itu dua makhluk yang berbeda. Mereka dua produk yang (harusnya) bermain di pasar yang berbeda. Hal itu udah banyak diulas di blog motor. Desain dan karakter mesin Ninja lebih ke Sport sedangkan CBR lebih ke Sport Touring. Dua makhluk itu beda jenis..beda sama sekali. Tapi apa yang terjadi sekarang? Konsumen Indonesia belum terdidik tentang jenis motor yang macen-macem, apalagi yang beda nya tipissss kaya sport n sport touring. Akibatnya, mereka dibandingkan habis-habisan cuma dari kapasitas mesin. Lebih apes nya lagi, dibandingkan juga dari harga jual dua motor itu…ya emang si, dari jaman dulu harga emang berbicara banyak buat konsumen Indonesia.

    Siapa yang diuntungkan disini? Jelas Honda. Dia diuntungkan oleh Kawasaki yang sudah mencoba pasar sport 250cc di Indonesia. Istilahnya, Kawasaki yang mencoba dahulu kedalaman kolam, begitu tahu itu aman buat berenang..langsung deh Honda nyemplung. Honda ga perlu menghadapi resiko di pasar baru itu. Terus siapa yang apes..? Kawasaki tentunya! Pasar 250 yang udah susah payah dicoba dibuka oleh Kawasaki dengan mudahnya diminta kue nya oleh Honda. Ditambah lagi, yang merebut kue adalah motor dari jenis yang (sedikit) berbeda. Plus, harga CBR (versi standar) yang lebih murah dibanding Ninja250.

    Ada yang menganggap Ninja250 overpriced, ada yang berpendapat KMI harus nurunin harganya biar bisa ngadepin CBR. Menurut ane  itu ga perlu! Kenapa? Dengan menurunkan harga agar harganya sebanding dengan CBR, Kawasaki melakukan hal yang bodoh:

    • Konsumen yang dulu udah beli Ninja250 jelas akan merasa dibodohi karena udah beli Ninja dengan harga yang lebih mahal!
    • Secara ga langsung Kawasaki akan mengakui kalau Ninja250 sama jenis nya dengan CBR, padahal satu sport, satunya sport touring!

    Terus apa yang sebaiknya dilakukan oleh Kawasaki? Jangan nurunin harga,  justru tonjolin fitur-fitur yang ga dimiliki oleh CBR. Tunjukin kelebihan 2 silindernya. Tunjukin performa nya. Mungkin yang bisa dilakukan oleh Kawasaki adalah menggeser sedikit target marketnya. Kalau dulu target market nya adalah SIAPAPUN yang pengin naik motor 250cc, sekarang geserlah ke pasar lebih mementingkan performa n tenaga mesin. Sasarlah lebih ke speed and performance enthusiast market!

    Konsekuensinya apa? Kawasaki HARUS SERIUS! Dia turun di balap?Seriuslah tunjukkin ke pasar kalo Ninja mereka ngasapin CBR. Cukup? Ngga! Kasih informasi seluas-luasnya buat peminat Ninja250 biar mereka tahu dan bisa nge-tune mesin nya kaya di balap. Fasilitasi lah mereka… Kasih pilihan yang banyak ke konsumen buat yang pengin ningkatin performa Ninja250.

    Mengenai harga? Jangan turunin harga Ninja 250! Kasih aja bonus buat ningkatin performa KALAU penyesuaian harga memang sudah sangat dibutuhkan buat nandingin CBR. Banyak pilihan kok…knalpot aftermarket?Sok depan upside down mungkin? Cakram depan di upgrade? Banyak pilihan…. Jadi intinya buat Kawaski, tunjukin apa yang ga dipunyai oleh CBR. 2 silinder?oke tunjukin! Menang di sirkuit? Oke, tunjukin! Ninja250 n CBR250 beda  jenis? Komunikasikan ke pasar! Jangan diem aja!  Marketing is communication, talking is cheap, silent is suicide…

    Itu opini ane, master Samidi tentang pertarungan antara Ninja250 dan CBR250. Silakan disanggah kalo ada yang ga sependapat. Silakan di koreksi kalau ane salah…🙂

     

Comments

  • aab 12:35 pm on April 19, 2011 | # | Reply

    yupzz betul…. cbr cuma tinggal enakny doang, biasa kalo saingan pasti harganya lebih murah, orang indonesia kan lebih seneng yang murah meriah, bukan performa atau kualitas…..

    • masTer Samidi O_O 4:05 pm on April 19, 2011 | # | Reply

      Betul! Setuju! Kayanya istilah paling pas buat Honda: “Nyalip di Tikungan!”

  • f41z 3:45 pm on April 19, 2011 | # | Reply

    saran buat kmi: jelas penjualan n250 signifikan dibanding zx6 malah ga didukung di indospeed kmaren. klo sampe dikalahin cbr baru tau rasa tuh. meski cbr kmaren dari probike tapi pembalapnya disokong ahm, makanya bisa ngasapin 6 ninja. mungkin kmi ga menduga klo cbr bakal turun di kejurnas kmaren. klo sbelumnya kmi ga perlu lah bikin tim balap 250cc [lah smua pake ninja]tapi next year kmi mau ga mau kudu bikin tim ninja 250 coz kmungkinan kawak ga sendirian di kejurnas. buat apa ngabisin duit banyak di supersport wong jualannya dikit banget tuk kelas itu. mending dukung ninja 250 yg kmungkinan kuenya direbut pabrikan laen. jangan sampe motor sport kalah balapan sama motor sport turing loh. [he3…perasaan dilihat dari riding position n250 tuh motor sport turing loh beda sama hyosung yg setangnya sejajar jok CMIIW]

    • masTer Samidi O_O 4:30 pm on April 19, 2011 | # | Reply

      Wow…nice info bro…Bener banget tu nasihat buat KMI..moga2 mreka baca blog ini🙂 hehehe..jangan sampe mereka blunder, salah langkah..udah nggelontorin duit banyak tapi salah sasaran. Oke kalo supersport menang, image Kawasaki sebagai motor kenceng di Indonesia mungkin sedikit terbentuk. Tapi apa itu perlu? Lha wong konsumen nya lebih banyak juga yang ga terlalu “aware” dengan supersport…Dan ane yakin , pasti ada pengguna N250 yang ga terlalu tau dengan Supersport…Makanya itu..KMI, dukunglah para konsumen yang tanpa diminta udah mbantu KMI habis-habisan…dukung juga para tim prifat yang turun habis-habisan dengan dana mereka…Itu langkah yang tepat daripada diam nunggu nasib…
      btw…ane juga mikir gitu bro..walopun sport tapi masih ada sdikiiittt darah touringnya..tapi dibanding ma CBR, CBR jauh lebih banyak darah touringnya…🙂

  • arsrev 5:12 pm on April 19, 2011 | # | Reply

    nice artikel…intinya difacelift tp HARGA SAMA…+ spido digital…injeksi…lampu proyektor ato ubah desain lampu…velg 4″…knalpot baru…USD…dll

    • masTer Samidi O_O 5:35 pm on April 19, 2011 | # | Reply

      Hihihi…facelift besar-besaran kayanya tu bro…🙂 mantap kalo emang beneran…angkat 5 jempol😀

      • arsrev 6:07 pm on April 19, 2011 | # | Reply

        biar ngk diblg over price bro….tmbah aja fiturnya…hhh

  • alexandho 6:32 pm on April 19, 2011 | # | Reply

    Terlalu banyak fitur CBR yang canggih dibandingin N250R, yang ga dipunyai CBR cuman 2 silinder. Yang lainnya yang dipunyai CBR ga pernah ada di N250R. C-ABS, mesin injeksi canggih, Digital speedo, dll

    Saya tetep setuju N250R facelift besar-besaran baru oke deeh😀

    • masTer Samidi O_O 8:51 am on April 20, 2011 | # | Reply

      setubuh bro…eh..setuju..coba kita tunggu KMI..berani ato ga…😉

  • sobek2 7:30 pm on April 19, 2011 | # | Reply

    padahal dulu n250 di hakimi semprot turog jg krn stang msh agak sekali lagi agak, agak tingi xixixixi tap overal setuju sm sampean kisanak.. Jgn turunkan harga, dan saya like yg silent is suicide

    • masTer Samidi O_O 8:52 am on April 20, 2011 | # | Reply

      hehehe..iya, masih inget ma tuduhan itu…rame-rame bilang kalo sport turing..eh ternyata masuh motor yang lebih sport turing🙄

  • kangmase 8:28 pm on April 19, 2011 | # | Reply

    bagusnya Ninja difacelift dengan harga tetap, performa harus ditonjolakn….

    • masTer Samidi O_O 8:55 am on April 20, 2011 | # | Reply

      yoi bro…kalo diinget2, facelift Ninja cma baru sekali dilakukan..itu juga cuma tambahan warna n stiker…❗

  • vegadeth 6:20 am on April 20, 2011 | # | Reply

    main di harga 39.9jt pasti cbr mentok. karena yg laku cuma yg itu sedang yk pake abs amblas. emang ga ada pilihan harus samain harganya kaya di luar negeri.

    • masTer Samidi O_O 8:57 am on April 20, 2011 | # | Reply

      Masalahnya bro…di luar negri, kelas 250cc itu kelas buat pemula yang baru naik motor cc rada gede..entry level gitu..la kalo di Indonesia,kelas seperempat liter malah udah puncaknya kasta motor resmi ATPM di Indonesia…jadi kasusnya rada beda…:mrgreen:

  • Rico 10:51 am on April 20, 2011 | # | Reply

    Menurut gw KMI gak perlu ngapa2in, evoria & histeria penjualan CBR250 hanya sesaat kok, begitu konsumen sudah byk review ternyata Ninja250 jauh lebih superior dr CBR250, pangsa pasar akan kembali dgn sendirinya.
    Karena konsumen segmen ini punya taste & gengsi tersendiri, only buy the best product with best performance, selisih 6jt? Itu bukan hal yg berarti buat mrk ketimbang kepuasan premium yg didapat.

    • masTer Samidi O_O 11:04 am on April 20, 2011 | # | Reply

      Betul bro, kelas itu punya taste n gengsi tersendiri…jadi butuh perlakuan khusus dalam menanggapi n melayani-nya.. Tapi KMI ga bisa diem aja menurut ane bro….karena kalo diem aja, itu sama aja dengan membiarkan semua ini tanpa perlawanan. Bisa-bisa kalah tanpa bertanding bro..padahal produk mereka punya keungulan tersendiri…🙂

  • lexyleksono 1:18 pm on April 20, 2011 | # | Reply

    KMI ga ush turunin harga, cukup upgrade dikit aja si N250R udh mantap. Velg & ban depan / belakang di gedein, piringan rem depan digedein syukur2 pake double, ganti spido yg digital..udh pasti mantaap. Performa mesin ga usah diapa-apain udh pasti di atas cbr250r.

  • ibnu 8:26 am on April 21, 2011 | # | Reply

    perasaan N250R sport touring deh,,,, riding position yg berbicara.,

  • wombie 9:38 pm on April 21, 2011 | # | Reply

    SALAH BRO!! EX250 itu ttp sport touring! bukan sport.. bahkan buat dibilang “mengarah ke sport” pun tetap salah!! dari karakter mesin? salah juga! itu galak diputaran atas bukan berarti mengarah ke sport.. kemudian dari handle yg diatas yoke,. terus juga jgn mentang2 multi silinder diklaim motor sport,. itu 2 silinder turunan En series yg sport touring juga.. varian sport kawasaki tu ZX series,. yg 250 4 silinder jaman dulu.
    jadi intinya,. CBR250 n EX250 SAMA2 SPORT TOURING. gak ada istilah itu mengarah sport,. orng itu CBR pake DNA nya VFR, walo pake nama CBR bwt naikin pamor. smentara EX250 jelas2 turunan En series..

    masalah harga gw setuju.. jangan turunin! tp yg utama FACELIFT! speedometer digital,. ganti fairing mnurut gw lebih masuk akal n gk ada yg dirugikan..

  • robertusgilang 6:26 pm on April 27, 2011 | # | Reply

    bagus ni topik… buat KMI inget aja waktu honda pertama lali ngeluarin matic yang dibuat untuk nyaingin mio… intinya BIAR PASAR YANG BERBICARA..

  • buchorymalmsteen 9:43 pm on June 26, 2011 | # | Reply

    sejauh yg gw liat sih smpe sekarang belum liat tuh CBR250 sliweran, justru kawak 250 banyak bnget bro yg sliweran. dari model juga mantepan kawak250 daripada cbr250 yg ketara bnget touringnya, setuju dah upgrade kawak250 biar makin mantep

  • eprin_67 9:55 pm on August 14, 2011 | # | Reply

    dan ga hanya itu saja , kemaren aku beli ninja 250 cuma speedometernya aja yang masih memakai sistem analog belum digital

  • JUN_PYO 9:07 am on August 17, 2011 | # | Reply

    haha…. september ini ane mao beli ninja 250 putih neh… moga” ajah udah di facelift n knalpot lebih keren….

  • Yustam 2:46 pm on August 21, 2011 | # | Reply

    Bro bro sekalian,,keunggulan Kawazaki dimana?? di balap aja meledak mesinnya bikin malu,,Kawazaki itu kekentuti Honda,,gimana kalian mau jagokan baru hadapi satu silender aja dah gos2san coba klo CBR 2 silinder pasti ga bisa dibayangkan,,Klo kawazaki mesinnya mumpuni kenapa ga ikut balapan Moto GP?? bukannya dulu ikut MotoGP tapi kayaknya motor lain kibarin bendera kemenagan kawazaki kibarin bendera setengah tiang.Ayo KAwazaki tunjukin dong jgn jd sampah.Menang Nampang doang,,

  • ninin 250 3:05 pm on September 3, 2011 | # | Reply

    Sori bro,kita harus jujur ninja hanya menang 2 silinder aja menghasilkan kecepatan dan suara bagus di banding cbr,untuk yang lain2 nya cbr menang banyak bro…2 motor ini ga ada yg sport murni.
    mudah2an ga akan terjadi seperti di kelas matic….hahahah Mio hanya bertahan 3tahun doank setelah itu saling salip dech ama Vario,itupun Mio uda di Re-fresh berkali-kali Mio,Mio sporty,Mio soul dengan beraneka warna, sedangkan Vario baru dua kali(vario dan Vario techno)
    kalau ninja tidak di buat lebih Fresh saya yakin kawasaki akan seperti suzuki lagi, karena Masterpiece KAWASAKI hanya NINJA 250r.

  • gie 8:49 am on December 8, 2011 | # | Reply

    alah ni yg gejek kawasaki paling jga bawa motor honda vario ato cb 90, bisany cuma nyela aja….
    jujur deh, gua paling suka ma motor produk yamaha n kawasaki, motornya gk jadul kyk honda… grafis motorny keren2, coba liat honda…itu mulu, jadul bgt. motorny pada dipake ama tukang ojek..

    tu si yustam kl koment asal…. paan lu sampah..sampah, asal ngomong aj, emg lu bisa pa buat tu motor.. motoGP tergntung joki yg bawa oi, lu liat sapa aja joki kawasaki, lu bandingin ma joki pabrik laen.. tolool….

  • gie 8:50 am on December 8, 2011 | # | Reply

    gua suka ni topikny, mendukung bgt…!!!!

  • fortisiks 4:33 pm on November 26, 2012 | # | Reply

    Kok kesan yg didapat setelah membaca ulasan ini seakan-akan ada perasaan inferior dari kawasaki. Kok terkesan honda lebih kuat? Kok malah kawasaki yg terkesan defensif. Semestinya penyampaiannya harus lebih fair lagi kalo nulis blog.


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: