Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 04:08:52 pm on April 15, 2011 | 21
    Tags: , , , , , ,


    Buat bikers/ blogger kelahiran tahun 70-80an pasti masih ingat gimana arogan-nya AHM (Astra Honda Motor) atow ATPM Honda di Indonesia. Di tahun 90an mereka adalah pemimpin pasar otomotif roda dua di Indonesia. Ga ada yang bisa menyentuh mereka! Padahal teknologi motor nya ga beda ma C70 ato Honda “si pitung”.. Ga ada teknologi yang maju di motor-motor Honda di tahun 90an itu. Mereka hanya mengandalkan ke-irit-an, endorser yang dikenal banyak orang (waktu itu yang paling master inget tu Mandra dan si Doel) dan juga mengandalkan harga jual kembali yang tinggi.

    Hihihi..coba AHM sekarang jualan ini..bakal jadi juara (juara dicaci maki😀 )

    Keadaan saat itu mulai berubah ketika media otomotif dan informasi otomotif bisa didapat orang dengan mudah. Juga kompetitor yang mengeluarkan produk yang inovatif, ga Cuma dari segi desain tapi juga segi teknologi. Masyarakat mulai teriak, kenapa pemimpin pasar malah ngasih produk yang jelek. Ga ada teknologi baru..paling mentok rotary gear😀

    Cuma buat mengingat aja..di tahun awal 2000an, Pasar Honda sedikit terganggu ketika ada Shogun 110 nya Suzuki dan Yamaha F1ZR. Mereka berdua dikenal motor yang gampang dikorek waktu itu. Selain itu, Honda pernah juga sedikit terusik ma motor cina yang murah. Dua gangguan itu ga bisa diatasi ma AHM saat itu. Untuk kasus Shogun dan F1ZR, Honda ga berani ngeluarin motor yang sebanding atau teknologi yang lebih baik buat nandingin kedua motor itu .Sedang untuk kasus motor cina, Honda mengambil langkah yang jadi blunder. Mengeluarkan Legenda, motor murah yang malah semakin menjatuhkan Honda lewat teknologi yang murahan.👿

    Badai belum berlalu coiii….Honda digempur habis-habisan sama Yamaha sejak Mio, Jupiter Z, MX dan V-ixion keluar. Yamaha benar-benar berani bertaruh  ambil resiko pakai teknologi yang belum familiar buat pasar Indonesia? Dan hasilnya…Yamaha menang besar! Oke, Honda mengakui kekalahannya, dia ngeluarin Revo buat jawaban. Tapi itu ga cukup. Konsumen minta lebih…

    Sukurlah kalo AHM sekarang sadar.. Moga ga tidur lagi!

    Setelah puluhan tahun dicap sebagai motor dengan teknologi kolot, sekarang kita kalau mau jujur bisa acungkan jempol buat Honda. Apa yang pantes diacungin jempol? Dia berani ngeluarin CBR 250, PCX, dan Revo AT. Motor yang juga punya teknologi yang belum pernah ada di Indonesia. Master ga bermaksud mihak mana-mana. Cuma berusaha objektif, karena dalam kenyataan sangat susah mengubah kebijakan suatu perusahaan yang sudah mengakar puluhan tahun dan menjadi pemimpin pasar yang sangat superior. Mereka udah yakin kalau pasar Indonesia juga melek teknologi. Berani juga ngajak bedah teknologi CBR buat para blogger otomotif. Pertanyaan yang belum terjawab adalah: Mampu ga Honda ga terlena lagi? Ga meremehkan pasar Indonesia lagi? Jangan sampai lah mereka jadi pemimpin pasar lagi dan kemudian terlena…menganggap kalo masyarakat ga butuh tenologi yang lebih baik. Ga inovatif lagi. Itu yang paling dibenci ma masyarakat Indonesia dan Blogger Otomotif!

    Spesial buat Yamaha? Sedikit tersentilkah Anda, bro🙄 ?

    Ya ngga bro… Demikian master Samidi ngasih opini dari republic ATPM😎

     

Comments

  • irfan 5:55 pm on April 15, 2011 | # | Reply

    honda jadul ,,,lemot ( yang bilang itu ya jadul n lemot )

  • ashley 6:31 pm on April 15, 2011 | # | Reply

    hahahaha..sama gan…ane dlu jg mpet bgt ama ahm…apalgi era supra 100…diiiih jijay deh….mang kite2 goblog….skrg baru seru deh…dan desain ahm jg lumayan uptodate…..

    • masTer Samidi O_O 9:51 pm on April 15, 2011 | # | Reply

      bener bro..jadi inget juga..supra ad yang X, XX, padahal cuma ditambah kopling..untung aja ga ada Supra XXX😀 porno😀 Sekarang mendingan lah..berani ngeluarin desain yang lumayan bagus…karena desain salah satu “pintu masuk” buat menembus pasar yang udah jenuh..🙂

  • H3 7:42 pm on April 15, 2011 | # | Reply

    Akur jg bos. Kita yg dulu gak melirik Honda, dg produk inovatif jd pengin pny mtr honda. Pdhl sdh puluhan thn pake merk Y. Mudah2an merk lain jg inovasi.

    • masTer Samidi O_O 10:00 pm on April 15, 2011 | # | Reply

      Amin..mudah-mudahan bro…moga2 ATPM Indonesia bisa ngasi inovasi n teknologi yang lebih jor-joran..Toh juga pasti pasar menerima (kalo harga enak di kantong🙂 ). Liat aja Kawasaki yang berani main di segmen jauh berbeda dengan persaingan yang ada…mereka malah bisa ngundang kompetitor lain kaya CBR 250ikut main di Indonesia. Asal konsumen bikers di Indonesia diuntungkan, silakan berperang dengan inovasi! Asal jangan cuma main gimmick-gimmick marketing n iklan aja yang kenceng… Akur bro??

  • Paidjo_Padjah 8:14 pm on April 15, 2011 | # | Reply

    jadi inget artikel di warung sebelah kalau honda udah keyamaha-yamahaan dan Yamaha sudah ke Honda-hondaan.

    • masTer Samidi O_O 10:04 pm on April 15, 2011 | # | Reply

      Segitu melenakan kah jadi pemimpin pasar? Mpe lupa dengerin suara konsumen lagi, lupa ngasih inovasi desain, lupa kalo inden nya mengular, lupa kalo banyak praktek diler nakal di daerah. Harusnya Yamaha ingat, persiangan sekarang lebih ketat dibanding dulu waktu dia merebut tahta Honda. Honda jauh lebih berani sekarang. Contoh gampang lah… Scoopy?Laris manis… Fino? Cuma bisa liat bodi plastiknya doang di toko variasi…

  • real_injection 8:36 am on April 16, 2011 | # | Reply

    …Jangan sampai lah mereka jadi pemimpin pasar lagi dan kemudian terlena…

    Emang AHM dari dulu sampai sekarang masih menjadi pemimpin pasar….
    Emang pernah yah lepas dari tangan AHM ….???

    • masTer Samidi O_O 9:34 am on April 16, 2011 | # | Reply

      Mmmm..pernah bro, maksud ane di bukan keseluruhan selama satu tahun, tapikuartal tertentu..kaya di kuartal pertama 2010…🙂

  • robotic_munky 10:48 am on April 20, 2011 | # | Reply

    tapi menurut saya kalo sekarang AHM jualan C70, malah saya salut lho, berani buka pasar baru
    tapi C70 nya dengan teknologi mesin jaman sekarang . . . .

    • masTer Samidi O_O 11:00 am on April 20, 2011 | # | Reply

      Hahahaha….ane bisa bayangin bro…tampang retro performa macho..hehehehe…bisa munculin lagi “legenda” nya honda🙂

  • wombie 9:43 pm on April 21, 2011 | # | Reply

    sekarang giliran yamaho yg terlena…. setelah vixi n mio,. gk ada lagi inovasi, mentang2 market share udh banyak gt… paraah… mio, mio soul,. xeon,. WTF!! gk beda jauh..

  • ibnu 7:29 pm on April 23, 2011 | # | Reply

    saya sebenarnya maniak honda… knp saya maniak honda,, saya terlena akan karakterisitik mesinnya sendiri, mungkin untuk design body sendiri menurut saya aga mengecewakan dibanding rivalnya, saya hanya mengungkap karakteristik mesin ini yg ga bisa disamakan dengan rivalnya, contoh para rivalnya terus mengembangkan sistem pendingin yg ampuh pada mesin bebeknya seperti SALCS (Suzuki Advance Lubricant Cooling System) pada Suzuki dan Pendingin Air pada Yamaha, tapi Honda tetap tenang2 saja, karena Honda tau teknologi mereka masih diatas rivalnya. Saya pernah mempunyai motor Yamaha berradiator Jupiter MX yang didengungkan yang lain makin ketinggalan, tapi apa daya setelah motor saya pakai berjam2 daya tahannya menurun, mesin agak berisik dan powernya turun, saya pikir pengaruh oli, ternyata saya ganti oli pun sama, waktu itu saya menngunakan repsol dan terakhir motul, teman sekolah saya punya motor suzuki dan dia kerja di Suzuki pula mengakui mesin motor suzuki yg dia bawa pun mengalami hal yang sama dengan saya, dia mengakui tenaga motornya kembali enak setelah dia mencuci motornya atau berkendara saat hujan, suatu kondisi yang amat tidak mengeenakkan. Tapi bagaimana dengan Honda?? Saya nyaman menngunakannya berkendara berjam2.. powernya tidak turun malah semakin beringas, inilah menurut saa teknologi yang benar2 mantap, makanya Honda tidak memakai teknologi yang diaplikasikan rivalnya, tekonolgi yg sekarang aja masih mumpuni apalagi pakai teknologi yg canggih,,, Masyarakat kita cenderung gengsi dengan teknologi tapi tak pernah tau untuk apa teknologi dan perawatannya. Seperti motor terbaru Honda hanya mengandalkan teknologi EFT Efficient LOw Friction Technology, yang menurut saya teknologi itu sudah lama ada namun Honda hanya menyegarkan saja,dan tak ada teknologi yang amat canggih didalamnya. Begitupun di Motogp, awalnya Valentino Rossi pun amat menyukai motor Honda terutama motor yg ia pakai di GP500, NSR500. SIa minta pun ga dikasih oleh HRC waktu itu dan itu menjadi amat dongkol buat Rossi. Di Motogp pertama kali tahun 2002 Honda mendesain mesin unik 5 Silinder untuk mesin RCV 211, para rivalnya hanya bergelut di 4 silinder saja, bukan sekelas Rossi yang mendesain motor tersebut, Rossi hanya memeberi arahan bagaimana motor bisa menikung dengan baik dan tidak kehilangan tenaga di tikungan. Masa selanjutnya di motogp, Ducati Desmocedici menggunakan teknologi Katup Desmodromic yang tidak memakai per dikatupnya, Honda tenang2 saja dengan per konvensionalnya seperti kebanyakan motor sekarang, karena apa??? Ternyata Honda mempunyai teknologi yang amat canggih di kandungan bahan pernya. Walaupun sekarang Honda telat menngunakan pneumatic pernya di masa sekarang. Itulah Honda yang menurut saya teknologinya amat jauh lebih tinggi dari rivalnya sekalipun rivalnya mendengungkan keampuhan teknologi yang dimilikinya. BUkan karena saya maniak Honda saya berbicara seperti ini, tapi inilah faktanya sekarang, seharusnya kita bisa berpikir bagaimana Honda bisa memeprtahankan pasarnya disini dengan teknologi yang amat sederhana, itulah mengapa saya mencari tahu apa yang dimiliki Honda untuk memeprtahankan pasarnya sendiri. Bagaimana pun Superior motor di Indonesia itu bukan lah gen motor balap, hanya disulap menjadi motor yang bisa dipakai balap, seperti Shogun 110 dan F1ZR, klo Kita mengaca dengan produk Honda ke 2 motor itu beda kelas yang satu 110 cc dan yang satunya lagi bermesin 2 tak dengan Honda yang bercc kurang dr 100 tapi mampu menciptakan pasar motor yg awet karena baru sekarang Honda memakai mesin 110 cc nya sekarang. Maaf ini hanya opini saja dan berbalut fakta yang ada sekarang, akhir kata saya ucapkan selamat BerHonda hehehehe…

    • Good Jhoon 1:32 am on April 24, 2011 | # | Reply

      mantap ulasannya !!! salam kenal Bro… BtW dah pernah baca buku bergambar judulnya
      “HONDA conqueror the world’s top race” blum Bro?? mantap lhoo… coba cari di gramed atau toko buku.

      ada FB ga bro?? ntar gw add

      • ibnu 8:50 pm on April 24, 2011 | # | Reply

        hehehe… sekilas pernah gw baca bro…. tp gw lum sempet beli,, gw tau itu karena doctor balap dunia yg berbicara, vr 46… ada bro http://www.facebook.com/ibnu.syaban

  • ウィナ 8:32 pm on April 26, 2011 | # | Reply

    wiihh keren ulasan yg diatas ane,setuju banget mas,soalnya sy jg mengalami hal yg demikian

  • ウィナ 8:35 pm on April 26, 2011 | # | Reply

    klo memang ada niat ahm mau masarin c70 lg msh byk koq peminatnya mgkn spt sy salah satunya,c70 msh diproduksi kan dijepang sana?

  • teaser 9:43 am on April 27, 2011 | # | Reply

    waduh, dari 4 besar merk jepang ane malah nggak pernah punya honda….😀

  • Idir 5:46 pm on September 26, 2011 | # | Reply

    Bung Ibnu…menurut saya ulasan anda cukup baik, saya acungin jempol buat teknologi mesin yg dipakai honda, tetapi menurut saya honda pun punya kelemahan drpd merk motor tetangga…Pertama dari body yg lebih rentan drpd merk lain sesama jepang, hal ini dirasakan ketika sudah dipakai beberapa lamanya dengan waktu yg sama dengan merk lain. Kedua dari sisi keseimbangan pada kecepatan tinggi..motor honda agak kalah dari merk lain..Kedua ulasan tersebut sudah saya buktikan..Salam respect saya untuk para bikers..

  • daninaga 12:20 pm on February 16, 2013 | # | Reply

    ikut ngasih pendapat, untuk motor cc kecil, sebangsa supra/beat/vario dll dll,, honda memang luar biasa,, walaupun mengeluarkan produk nya blakangan setelah rival2 nya, ttp bisa unggul,, tapi untuk klas sport? ahm kembali mengulangi “strategy pasar” mereka, watch and observe dl, cbr 150 dan 250 keluar jauuh setelah ninja 250 di luncurkan oleh kmi, cbr 150 lbh kacau lg,, itu motor ud msk indo lwt IU dari thn 2003,,

    untuk cbr, ahm sndiri seperti setengah hati walau di klaim sau hati,, fast moving part yg tidak tersedia (harus inden paling cepat 2 minggu), inden motor nya sndiri minimal 1 bulan dan tidak bs d pastikan, high demand? i dont think so, kmi yg sama2 dr thai bisa kok lbh cepet,,

    tp perlu di akui, honda adalah legenda di indonesia, dan honda astrea, dan astrea star, astrea grand dan trakhir astrea supra, itu fenomenal…

  • DEDE NAPAK BUMI 5:11 pm on April 16, 2014 | # | Reply

    ANGGUT ANGUTAN AJA DAH NYIMAK KOMENTAR BOS BOS SEMUA YANG PENTING DIGARASI HONDA YAMAHA SUZUKI PASTI SELALU SIAP NEMENIN…OHEOHE


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: