Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 07:16:26 am on April 14, 2011 | 17
    Tags: , , , , , , , ,


    Setelah hampir 2 minggu insiden Rossi-Stoner terjadi…dan diadakan penyelidikan tentang kelakuan marshall sirkuit Jerez, ane nemuin analisis yang sangat menarik dari Michael Scott. Dia adalah salah satu jurnalis yang sering meliput balapan motoGP. Apa sih yang menarik dari insiden Rossi-Stoner di Jerez kmaren? Satu fakta yang penting: Rossi ga matiin mesin Desmo nya, sedang Stoner matiin mesin RCV nya waktu mereka meluncur ke gravel. Bahkan Rossi masih ngotot nggelantung di motornya…Terus!Apa sih menariknya dari hal itu?!

    Di 2011, kopling lagi bicara!

    Coba kembali ke beberapa detik ketika tabrakan terjadi..Rossi pede dengan mesin motornya. Dengan kondisi motor tiduran gitu, sangat memungkinkan oli mesin ga mengalir dengan sempurna. Bayangin aja, high performance engine kaya desmo atow RCV ga dialiri oli mesin dengan sempurna. Bisa jebol mereka. Ditambah lagi pembatasan jumlah mesin yang dipake dalam satu musim balap motoGP. Michael Scott menganalisis, mungkin saja Stoner berpikir aman, dia ga mau ngorbanin satu mesin rusak padahal baru dua seri motoGP yang berlangsung. Dan sebaliknya Rossi, dia ambil semua peluang yang ada. Karena dengan tingkat persaingan yang sangat ketat, resiko apapun bakal dia ambil demi beberapa poin.

    Salah satu fakta yang penting yang mungkin baru terungkap adalah…Ketika stoner jatuh dan berusaha nyalain mesin nya, salah satu teknisi Honda ngomong: Ga mungkin bisa nyalain mesin dalam keadaan seperti itu! Apalagi dalam keadaan mesin panas.. Kenapa? Karena ternyata mekanisme kopling Honda sangat berbeda dengan mekanisme motor lain. Itu yang membuat RCV susah di start ketika mesin mati.

    Matiin mesin..engga..matiin..engga...matiin...

    Sebaliknya! Salah satu teknisi Ducati pernah ngomong, “Ducati lebih tahan dengan kondisi kritis tekanan oli”. Salah satu bukti nya adalah waktu Desmo nya Hector Barbera jatuh di Silverstone tahun 2010. Kondisi saat itu adalah motornya tetap hidup, tapi dia tetap bisa nerusin balapan dan mesinnya bisa dipakai si seri selanjutnya. Itulah bedanya. Marshall memang disinyalir lebih memilih Rossi, tapi ditambah mesin yang masih hidup, Rossi bisa dengan mudah ngelanjutin balapan. Sedangkan Stoner? Walaupun dibantu marshall (yang telat mbantu juga) dia ga bisa ngidupin mesin nya.

    Terlepas dari sisi teknis itu, sangat terlihat perbedaan karakter Rossi dan Stoner. Terlihat banget perbedaan Rossi dan Stoner dalam mengambil keputusan dalam beberapa detik ketika mereka balapan. Buat pendukung Rossi, bisa bilang itulah keunggulan Rossi. Dia lebih lama dan lebih banyak ngalamin momen-momen pengambilan keputusan singkat dan krusial sat balapan di kelas motoGP. Buat stoner, ya mungkin itulah salah satu kekurangannya dibandingkan Rossi. Dia baru jalan 5 tahun balapan di motoGP.

    Woi!! Bantuin coiii....

     

    Melihat fakta baru ini, jadi terlintas sesuatu. Jangan-jangan memang bener mekanisme kopling Honda bikin RCV lebih susah di hidupin ulang. Karena kejadian itu bisa kita lihat juga pada Simoncelli. Dia ga bisa ngidupin mesin sama sekali tanpa bantuan marshall. Atauuu….jangan-jangan mekanisme kopling RCV yang tahun ini sangat superior dan bikin RCV unggul justru membuat RCV masih memiliki kelemahan, terutama dalam soal restart mesin. Mungkinkah itu terjadi? Yah..namanya juga ngobrol motor…boleh-boleh aja menduga…

    Demikian master Samidi melaporkan dari republik nggedabhus motoGP!

     

     

Comments

  • Modar 8:35 am on April 14, 2011 | # | Reply

    Pertamax

    • Nempel 8:54 am on April 14, 2011 | # | Reply

      Nempel aja di pertamax ya bang..hihihi..

  • NSX 4:43 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    Podium 2 aja deh…

  • scnk 6:01 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    teks sama latar nya sama2 hitam kok bro

  • ウィナ 6:25 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    artikelnya bagus masbro😀

  • de2tninja 6:33 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    kalau diperhatikan…rossi saat jatuh masih nekan kopling. Sempet2nya…bener2 luarrr biasa…

  • devil 6:46 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    trus kenanpa simoncel ga ada yg bantu dorong ya? masalah susah atau gampang idup mungkin persoalan lain, tetapi tidak adanya marshal yang membantu masalah lain pula..hehe

    • mam 5:20 am on April 16, 2011 | # | Reply

      simonceli didorong bro,
      coba cari videonya di youtube, gw lupa link

      • masTer Samidi O_O 9:44 am on April 16, 2011 | # | Reply

        Ini kah bro?

        kalo dari video ini keliatan nya marshal emang cuma ndorng motor nya si Sic cuma bentar banget, setelah dia jatuh.. Marshall udah ninggalin Sic padahal mesin motor belum idup… kasimaaannn….

  • yuw 6:48 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    Imut Banget
    Yamaha TZR50
    http://vespaalitalia.blogspot.com/2011/04/yamaha-tzr50-imut-banget.html

  • mechman 8:34 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    kalo menurut saya nih, pas rossi-stoner jatoh, motornya saling tindih, trus rossi yg jatuh di sisi dalam tikungan ikut keseret motor sedangkan motor sama stoner terpisah, kemudian terlihat motor stoner di atas motor rossi, motor stoner yng diatas motor rossi bagian belakang hanya bertumpu sama roda belakang dan knalpot yg sebagian tergerus aspal, maka dari itu stoner buru2 matiin mesin, soalnya pikir stoner, mesin dalm keadaan hidup yg lepas kontrol dan traksi pada ban bisa saja langsung teriak rpm nya, kaya kehilangan beban, lagian juga gigi transmisi masih netral…

    jadi biar gak loncat istilahnya, ini pendpat saya, klo ada yg berpendapat lain silahkan menyanggah…

  • alex 9:03 pm on April 14, 2011 | # | Reply

    nice info bos… :mrgreeen:

  • choirul 1:51 pm on April 15, 2011 | # | Reply

    ternyata kalau miring walaupun mesinnya masih nyala tuh olinya g mengalir sempurna?

    • masTer Samidi O_O 4:16 pm on April 15, 2011 | # | Reply

      kan kalo pas balapan miring RPM dipanteng abis bro..waktu mereka jatuh RPM drop…biasanya ngefek ke pompa oli… (KSKS/ Koreksi Saya Kalau Salah)

  • kangmase 6:53 am on April 16, 2011 | # | Reply

    hmmm…sempet terpikir juga kenapa sih si rossi tetep megangin stang motornya, dan kayaknya emang gak kegenjet motornya stoner deh

    http://kangmase.wordpress.com/2011/04/15/komparasi-motor-sport-dibawah-25-juta-bahgian-1/

  • munthi munandar 1:52 pm on July 4, 2011 | # | Reply

    gak jelas……
    penulisnya lebih banyak ngedukung rossi……
    gak fair……………


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: