Desain Modifikasi Motor Terbaik: www.otodesain.net

  • 09:17:48 am on March 4, 2011 | 14
    Tags: , , , , , ,


    Indonesia sudah jadi salah satu pasar motor terbesar di dunia. Ga heran kalo Yamaha dan Honda sangat bertumpu pada penjualan motor di Indonesia. Coba ingat aja, tahun 2010 kemarin Yamaha mencatatkan penjualan terbesarnya di Indonesia. Hasilnya, tagline ATPM motor nempel di motor-motor motoGP walaupun ga ada pembalap Indonesia di balapan paling bergengsi sejagad itu. Pembalap-pembalap yang jadi duta merek Honda & Yamaha pun udah dateng ke Indonesia berkali kali buat ngeluncurin motor baru. Tapi apa itu udah njadiin posisi Indonseia kuat sebagai salah satu pasar motor terbesar di dunia? Apa kita udah bisa bangga dengan itu?

    Satu Hati nya Honda...

    Belum. Indonesia masih dipandang hanya sebagai pasar yang sangat potensial aja. Indonesia belum dipandang sebagai pusat pengembangan sepeda motor. Artinya, suara konsumen biker Indonesia masih belum begitu didenger oleh pabrikan motor dunia. Walaupun kualitas dan teknologi produk udah meningkat, tapi hal itu belum maksimal. Konsumen di Indonesia masih belum dapet motor dengan kualitas yang terbaik, ataupun ndapetin fitur dan teknologi yang terbaik.

    Motor jadul yang legendaris....

    Sebelum dilanjutin, kita coba flashback sedikit. Di tahun 90-an kita hanya bisa melongo liat motor dengan teknologi tinggi dari Malaysia dan Thailand. Sebut aja Honda Nova Dash, Yamaha Y125Z, Kawasaki KRR, Honda NSR SP, NSR RR, Suzuki Stinger, n masih banyak lagi. Buat biker senior mesti familiar banget dengan motor-motor itu. Waktu itu, yang pengen punya motor itu harus beli dari importir umum, dengan harga selangit. Tapi emang..teknologi yang diaplikasiin nomor satu. Thailand punya. Baut geber2an jaminan menang lah. Kita Cuma jadi konsumen yang melongo waktu itu….
    Sekarang? Kurang lebih masih sama, emang bener sekarang kita udah bisa dapet Ninja 250, Yamaha Vixion, NMP, Byson dan terakhir CBR 250. Tapi apa Indonesia udah jadi pusat pengembangan motor-motor itu? ENGGA…tetep aja konsumen2 Thailand yang nikmatin motor-motor itu duluan. Harusnya Indonesia sebagai salah satu pasar motorterbesar motor di dunia punya kekuatan, punya daya tawar dalam nentuin kemana arah pengembangan motor. Konsumen Indonesia harusnya punya kemampuan dalam nentuin teknologi yang diaplikasiin di motor. Tapi kenyataanya ampe sekarang bisa dibilang kita masih ga punya banyak pilihan. Pusat pengembangan motor tetep aja ada di Thailand atau kadang India.

    Bargaining Power

    Ironis banget….pasar motor sangat amat potensial dan salah satu yang terbesar di dunia, tapi ga bisa ikut nentuin produk apa yang terbaik buat pasar itu (baca: indonesia). Udah saatnya kita ga cuma jadi konsumen yang manut-manut aja. Udah saatnya kita punya arah pengembangan motor dan arah pengembangan teknologi otomotif. Udah saatnya pula yang ada di motoGP ga Cuma stiker tagline yang nempel di fairing. Pembalap-pemabalap motoGP yang dateng ga cuma promosi buat foto-foto. Mereka harus nya (paling ga) bisa kasih coaching clinic secara rutin ke pembalap-pembalap Indonesia, karena sebenernya rakyat Indonesia ikut andil dalam nggaji mereka!
    Gimana masbro…setuju ga? Dishare n kasih komen ya….

     

Comments

  • REC*303 3:43 pm on March 4, 2011 | # | Reply

    motor dengan teknologi tinggi musti pake PertamaX

    • ngobrolmotor 5:49 pm on March 4, 2011 | # | Reply

      tul sekali bro…kalo pertamax masalah juga tu…kalo mau lebih bagus mlahan pertamax plus ato plus plus malahan..hehe…

  • poisongreen 1:59 am on March 5, 2011 | # | Reply

    Satu kata: SUSAH…
    Kenapa? Karena di Indonesia harga masih menjadi acuan dalam memilih tunggangan, sedangkan kita tahu kalau hi-tech identik dgn mahal. Belum lagi bicara soal selera pasar di sini yg lebih memilih disain2 yg konvensional dan konservatif. Suka atau tidak, kita harus menyadari kalau masyarakat di Indonesia sebagian besar masih berpikiran konservatif, kalau gak mau dibilang kuno. Bagi hampir semua konsumen roda dua di sini, motor itu yg penting harganya murah, irit bbm, bengkelnya banyak, spare-partnya gampang dan murah, harga bekasnya tinggi. Model/disain gak penting2 banget lah, yg penting digas bisa jalan udah cukup. Mengharapkan motor2 seperti di gambar atas? Ha3x… ngimpi… perbaiki dulu selera pasar di sini. Paling banter juga cuma 10% yg suka model2 seperti itu, sisanya 90% pasti berpendapat: pasti pegel, pasti boros, pasti jatuh harga bekasnya, pasti susah dan mahal spare-partnya, bla-bla-bla… bener kan? Makanya jgn pernah berharap.

    • ngobrolmotor 3:27 am on March 7, 2011 | # | Reply

      Hmmmm…ada benernya juga bro…karakteristik konsumen Indonesia emang kaya gitu juga…pengen irit, murah, awet, harga jual kembali ttep tinggi. Tapiii..kalo kita liat blakangan ini, konsumen juga milih yang teknologi n desain nya bagus. Ambil contoh Jupiter MX n Vixion nya yamaha disukai. NMP nya honda lumayan laris, Ninja 250 seliweran…n sekarang ada juga cbr250 yg lumayan hi tech. Konsumen Indonesia emang harus di didik atow diedukasi terus bro..biar melek teknologi, melek hak-hak nya..jadi bisa dapet pilihan produk yang bagus2 n g cuma jadi target pasar aja…gitu bro…

    • david 12:33 am on May 5, 2011 | # | Reply

      betul banget gan, market kita memang besar (kasarnya sangat konsumtif) tapi tidak diimbangi dengan kemampuan mass production! maka dari itu pabrikan motor asia masih ber basis di INDIA, THAILAND dan VIETNAM.

      birokrasi mereka sangat mendukung PMA sedang kan kita ngomongnya sih dukung tapi prakteknya NOL besar gan. salasatunya berbelit2nya birokrasi kita, belumlagi masalah preman berdasi dan preman ber golok dan syarat2 pertimbangan PMA :
      a. Ekonomi dan sosial
      b. Sosiologis dan budaya
      c. Kebutuhan-kebutuhan dasar dan pembangunan
      d. Praktis dan operasional dan kebutuhan ke depan
      e. Moral dan etika bisnis yang berlaku dalam konsep kelayakan dan kepatutan dalam kehidupan manusia dan kemanusiaan yang beradab.

      sudah jelas dari 5 kriteria itu kita tidak sempurna. coba pikirkan sendiri.

    • nimbrungman 3:04 am on December 6, 2012 | # | Reply

      satu lagi yg paling mengerikan… Yaitu Pajak Import diindonesia yang sadiz gan……, pdhl duitnya dikorupsi terus…. 😦

  • Bonsai Biker 9:04 am on March 5, 2011 | # | Reply

    yo berproses kali mas bro, butuh waktu

    • ngobrolmotor 3:28 am on March 7, 2011 | # | Reply

      Yoi bro…kita bloger otomotif moga bisa mbantu proses itu…🙂

  • greycoke 6:40 am on March 7, 2011 | # | Reply

    artikelnya aneh. ini tulisan tujuannya ke syapa bro? cuma tulisan curhat ya? masalah R&D sih itu benernya urusan atpm. nah kebanyakan yg di research di indo itu bebek, karna ya emang market terbesar di indo itu yg laku ya bebek karna biaya yg dikeluarin buat research itu gede bgt. buat apa research motor jenis sport yg dipasaran cm laku sedikit? ga worthed dgn apa yg dikeluarin. makanya ada opsi import dari negri luar, buat apa bikin motor model baru kl udah ada yg buat dengan desain keren? contoh misalnya mitsubishi lancer, udah keren2 diluar sana model evo, eh masuk sini malah di facelift jd jelek, ga laku deh
    balik lg kl jaman taun 90an yg bro bilang diatas sih itu karna atmp indo yg ga brani masukin motor2 tersebut (balik lg takut ga laku).
    kl ane si uda bersyukur, industri motor indo tuh udah keren tiap taun ada mulu motor baru. ane balik tanya nih, emang kaya apa sih motor yg diimpikan bikers indonesia? yakin kaya yg bro bilang diatas? ane sih ngga, mimpi ane pengennya ducati.. :p

    • ngobrolmotor 7:28 am on March 7, 2011 | # | Reply

      Nice comment bro….🙂
      iya ni..curhatan colongan bro…Intinya gini bro…emang industri motor di Indonesia udah jauh jauh berkembang dibanding dulu. Honda yang dulu dipandang kolot skarang malah agresif ngeluarin produk2nya, Kawasaki juga ngeluarin motor2 diluar jalur persaingan buat ikut ngambil kue pasar motor…Yang ane pengen sampain adalah konsumen motor di Indonesia jangan brhenti nuntut produk2 yang terbaik, kritis ma fitur2 yang dikasih di motor2 terbaru… Karena kita emang berhak atas itu…
      Motor yang diimpikan bikers di Indonesia? Bro pengen ducati….sama bro…🙂 hehehehe…spesifiknya ane jujur ga bisa jawab bro…tapi satu hal yang pasti, bikers Indonesia bakalan seneng kalau punya banyak pilihan yang ditawarin, dengan fitur, teknologi, desain, n harga terbaik bro🙂

  • hadi 7:47 am on March 7, 2011 | # | Reply

    dan untuk uji ketahanan, sangat cocok di Indonesia…dari jalan yg mulus sampai jalan yg paling ancur sekalipun ada…..

    • ngobrolmotor 7:57 am on March 7, 2011 | # | Reply

      SETUBUH broooo….. Karena jalanan Indonesia “sangat berkarisma”😀

  • ngobrolmotor 2:31 am on March 11, 2011 | # | Reply

    mmm..gitu ya bro…very very nice info…maturnuwun bro…(tapi tetep berharap Indonesia tambah maju industri otomotifnya🙂 )

  • sigit for eny 3:38 pm on June 17, 2013 | # | Reply

    Gue setuju sama penulisnya nih…


Tulis komentar aaahhh....

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: